Categories
Makanan Sehat

Wortel Tak Sekedar Sumber Vitamin A Saja

Siapa yang tak kenal jenis sayuran yang satu ini? Wortel tak asing lagi sebagai sayuran sumber vitamin A.  Ternyata wortel tak hanya bermanfaat menjaga kesehatan mata saja, ada manfaat tersembunyi dari wortel yang mungkin belum Anda sadari.

Selama ini memang wortel dikenal sebagai sayuran sumber utama Vitamin A,karena dagingnya berwarna merah mudah. Bisa dimakan mentah atau sebagai campuran membuat berbagai macam masakan.

Wortel merupakan salah satu komoditi pertanian dari dataran tinggi.Masuk dalam kategori tanaman semusim, atau sekali panen, dan yang diambil adalah umbinya saja. Sementara batang dan daun tidak dimanfaatkan, tapi dipakai untuk makanan ternak.

Kandungan gizi pada wortel antara lain vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Dari sederat nutrisi ini punya Manfaat Tersembunyi Dari Wortel guna menjaga kesehatan manusia.

Manfaat Tersembunyi Dari Wortel

Selama ini ada anggapan bahwa peran wortel hanya sebatas sumber vitamin A  yang bermanfaat menjaga kesehatan organ penglihatan saja.  Tapi anggapan itu tak sepenuhnya benar.   Menurut laporan hasil penelitian dari beberapan ahli mengatakan bahwa, wortel ternyata berguna menjaga kesehatan.

Dibawah ini ada lima faedah positif  dari wortel yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.

  • Memperlambat penuaan kulit

Kandungan betakaroten yang cukup tinggi pada wortel mentah, berperan menahan proses penuaan dini pada jaringan kulit.  Termasuk menjaga kelembaban dan mengencangkan kulit.

  • Mencegah stroke

Menurut hasil penelitian dari Havard University, menyimpulkan bahwa  rutin mengonsumsi jus wortel selama lima hari berturut –turut efektif menurunkan resiko serangan stroke hingga 68%.  Sementara jika mengonsumsi wortel mentah selama tiga pekan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 11%.  Hal ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut yang terdapat pada wortel. Tiga zat tersebut berfungsi meluruhkan LDL.

  • Menjaga kesehatan gigi

Ternyata wortel juga mampu membersihkan gigi, terutama mengancurkan karang gigi yang tersembunyi.  Selain itu juga menjaga kekuatan gigi pada usia lanjut.

  • Menjaga fungsi jantung

Wortel juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga fungsi jantung dalam memompa darah.

  • Anti kanker

Kandungan betakaroten pada sayuran ini mampu mencegah resiko kanker payudara, kanker lambung dan paru –paru.

Demikianlah sekilas informasi tentang lima manfaat tersembunyi dari wortel . Semoga bermanfaat.