Categories
Makanan Sehat

Wortel Menyelamatkan Anda dari Serangan Jantung

Selama wortel identik dengan sumber vitamin A berkasiat menjaga gangguan penglihatn saja.  Mulai saat ini Anda singkirkan stigma tersebut, tahukah Anda ternyata wortel punya manfaat dahsyat yang tak pernah Anda perkirakan sebelum.  Sayuran tergolong dalam umbi-umbian ini ternyata dapat menolong orang yang punya resiko terkena gangguan jantung.

Menurut hasil riset dari tim peneliti di Havard University, Amerika Serikat, menyantap 6 biji wortel dalam dalam sepekan, ternyata dapat menurunkan resiko serangan jantung.  Selain itu rutin sayuran ini juga efektif mengurangi timbunan kolesterol jahat.

Serangan jantung merupakan pembunuh nomer 1 di Indonesia dan dunia.  Kini korban serangan jantung cenderung menyerang usia muda, kisaran 30 – 40 tahun, usia yang notabene masih produktif.  Fenomena ini bisa terjadi karena mereka tidak menerapkan pola hidup kurang sehat, malas berolah raga dan gemar merokok. Hingga saat ini angka kematian karena gagal jantung belum bisa ditekan, karena penyakit ini tidak mudah dideteksi secara visual maupun dengan dirasakan.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Degenaratif

Penyakit degenerative merupakan gangguan kesehatan yang sifatnya permanen, maksudnya tidak bisa disembuhkan seperti semula.  Tapi bisa dikendalikan agar tidak mudah kambuh. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja.  Melakukan diet dan menerapkan gaya hidup sehat  dapat menurunkan resiko penyakit  degenerative.

  • Mencegah stroke

Kandungan  serat kalsium pektat  pada wortel cukup tinggi, bermanfaat mengikat jaringan lemak dan mengeluarkan dari tubuh melalui keringat maupun urin.  Selain itu kandungan kalsium dan zat besi merangsang produksi sel darah merah. Sehingga makanan ini bisa mencegah serangan stroke. 

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Pengidap tekanan darah tinggi bisa mengendalikan tensi dengan meminum jus wortel secara teratur.   Mengkonsumsi lebih banyak kalium dalam makanan seperti wortel yang bermanfaat bagi  hipertensi, agar tidak mudah kambuh.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Rutin mengonsumsi jus wortel setiap hari ternyata berkhasiat mencegah kerusakan ginjal bagi penderita diabetes.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang manfaat wortel sebagai penyelamat dari serangan jantung.  Semga bermanfaat.