Categories
Makanan Sehat

Waspadai Penyakit Setelah Lebaran

Membicarakan  penyakit setelah lebaran cukup menarik, sebab selama ini Hari Raya identik dengan berbagai makanan lezat berkuah santan kental, kue –kue manis dan soft drink. Tanpa sadar kita menyantap semua itu dengan porsi besar.   Selain itu bagi pemudik yang telah menempuh perjalanan panjang yang melelahkan, juga sangat riskan mengalami gangguan kesehatan pasca lebaran. Tak heran selepas hari raya berbagi penyakit pun kambuh, dan terpaksa harus berobat ke rumah sakit.

Kebiasaan ini kerap terjadi setiap tahun, atau bisa dikatakan sebagai penyakit musiman, jika tidak diantisipasi bisa menjadi kontra produksi dengan hakekat puasa yakni mengendalikan nafsu dan  menjaga kesehatan organ pencernaan.  Maka dari itu  ada baiknya saat lebaran kita harus bijak dalam mengonsumsi makanan  agar penyakit setelah lebaran tidak terjadi pada kita.

Penyakit Setelah Lebaran

Berikut ini ada empat penyakit setelah lebaran yang mengintai dan patut diantisipasi selagi dini.

  • Hipertensi

Hipertensi menjadi  penyakit yang paling kerap ditemui setelah hari raya. Rata – rata diakibatkan karena pola konsumsi makanan yang tidak terkendali.  Misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan, seperti opor, gulai, kolak dan banyak memakan makanan terbuat dari daging merah, makanan instan dan sebagainya.

  • Gula darah naik

Kadar gula darah naik menjadi penyakit musiman pasca pesta lebaran. Penyebabnya karena faktor pola makan yang tidak terkontrol. Makanan dan minuman manis menjadi biang keladi fenomena sick after party.

  • Diare

Kasus diare juga meningkat saat lebaran. Penyakit ini terjadi karena dipicu faktor keracunan makanan yang dimasak tidak higienis. Sehingga kuman ikut terbawa masuk sehingga lambung bereaksi dan menolak makanan tersebut.

  • Kelelahan

Penyakit Setelah Lebaran yang lain adalah gangguan kesehatan akibat kelelahan setelah melakukan perjalanan panjang / mudik dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan umum.

Maka dari itu agar lebaran tetap sehat dan bugar, sebaiknya kita harus bijak dan pandai –pandai menahan hasrat menyantap makanan. Prinsipnya jangan makan terlalu berlebihan, berhenti makan sebelum kenyang. Beri jeda minimal tiga jam untuk memberi kesempatan organ pencernaan bekerja. Perbanyak mengonsumsi buah –buahan, karena buah mengandung serat tinggi, yang berguna membantu proses penyerapan makanan. Demikian sedikit tentang empat penyakit setelah Lebaran.