Categories
Tips Sehat

Waspadai Gejala Serangan Jantung Ini

Kasus kematian karena serangan jantung di Indonesia masih menduduki peringkat teratas.  Penyakit ini sifatnya menyerang secara mendadak dan tidak dirasakan sebelumnya oleh penderita.  Penyebab jantung koroner lebih banyak kebisaan hidup tidak sehat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.

Serang jantung diawali dengan gejala –gejala umum yang dirasakan penderita, namun selama ini gejala tersebut tidak pedulikan oleh penderita. Mungkin karena mereka paham terhadap apa yang dialami.  Jika gejala serangan jantung tidak segera dicegah, akibatnya akan fatal, yakni gagal jantung dan berujung pada kematian.

Berikut ini penjelasan dari tujuh gejala serangan jantung yang patut diwaspadai :

  • Nyeri pada dada kiri

Muncul rasa nyeri pada bagian dada kiri. Biasanya pada gejala awal rasa nyeri ini sering muncul dan hilang dengan sendirinya. Apabila sering mengalami gejala tersebut sebaiknya periksa ke dokter saja untuk diobervasi lebih lanjut.

  • Pusing

Mengalami pusing hebat pada kepala bagian belakang. Gejala ini disebabkan karena aliran darah menuju otak melemah, sehingga otak kehilangan oksigen.   Fase selanjutnya penderita mengalami penurunan kesadaran dan pingsan.

  • Nafas terasa sesak

Gejala lain adalah sesak nafas, atau nafas pendek –pendek.  Ada juga yang merasakan  bagian dada terasa ditekan hebat sehingga sulit untuk bernafas.

  • Nyeri hingga menyebar ke tangan

Selain nyeri pada bagian dada sebelah kiri. Kemudian menjalar ke lengan, sikut dan telapak tangan. Kedua tangan rasanya kebas atau mati rasa. Hal ini terjadi karena peredaran darah pada tangan terhambat atau melambat karena  detak jantung mulai melemah.  Pada fase selanjutnya kedua tangan sangat lemah untuk digerakan.

  • Nyeri pada punggung dan njalar pada leher dan rahang

Muncul rasa nyeri hebat pada punggung kemudian menjalar ke atas menuju lingkaran leher dan rahang. Rasanya sangat kaku, terutama pada rahang sulit untuk digerakan.

  • Lemas dan keringat dingin

Mendadakan keluar keringat dingin berlebihan, terutama di sekitar punggung, leher dan kepala.  Selain itu juga disertai dengan kecemasan, tangan dan kaki terasa dingin.

Demikianlah penjelasan tentang tanda –tanda gangguan jantung yang patut dipahami oleh pembaca. Semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.