Super Food Menjaga Fungsi Liver

Tujuh Super Food Menjaga Fungsi Liver

Liver atau hati adalah organ yang sensitive terhadap gangguan kesehatan dan metabolsime tubuh. Organ ini juga paling peka terhadap meningkatnya kadar racun dalam tubuh kita. Sebab fungsi hati adalah membersihkan darah dari zat –zat berbahaya, radikal bebas dan virus yang masuk melalui makanan dan minuman.

Kinerja hati semakin berat apa bila kita gemar mengonsumsi makanan berlemak, makanan insntant yang banyak mengandung zat pengawet, zat pewarna makanan. Selain itu kebiasaan mengonsumsi minuman keras, menyebabkan fungsi hati cepat menurun bahkan mengakibatkan sirosis atau kerusakan hati permanent.

Alangkah baiknya agar tidak terlambat, mulai sekarang mengubah pola hidup yang kurang baik, menjadi lebih sehat lagi. Ada sejumlah makanan sehat yang bermanfaat menjaga fungsi liver. Selain itu makanan tersebut punya peran melancarkan detoksifiksi tubuh.

Kiwi mengandung banyak serat dan vitamin C dosis tinggi. Buah ini juga berperan sebagai antioksidan menangkal radikal bebas. Jika dimakan empat butir setiap hari, cukup membantu fungsi hati.

  • Jeruk

Semua jenis jeruk kaya akan kandungan Vitamin C, membantu proses melancarkan metabolisme tubuh dan melancarkan proses regenerasi sel pada organ liver. Jeruk cukup efektif menangkal serangan  virus penyebab hepatitis A dan B.  Buah ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi secara teratur oleh penderita gangguan fungsi hati.

  • Teh hijau

Green Tea atau teh hijau terkenal kaya akan kandungan beta karoten. Senyawa ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan zat –zat beracun keluar dari tubuh.

  • Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai super food berperan menjaga kesehatan dan fungsi organ dalam seperti hati, empedu dan organ pencernaan.  Senyawa Organosulfida membantu fungsi liver membuang zat karsinogen  penyebab kanker hati.

  • Apel merah

Makan sebutir apel merah setelah sarapan pagi dan setelah makan malam, turut mencegah sirosis hati.  Apel juga melancarkan proses detoksifikasi tubuh.

  • Asparagus

Asparagus selain kaya akan serat ternyata punya peran penting dalam menjaga kesehatan liver.  Kandungan  fitokimia berfungsi meluruhkan racun –racun.

  • Buah pir

Buah pir mengandung banyak air, sifatnya diuretic melancarkan buang  seni.  Buah pir punya peran anti virus, sangat direkomendasikan untuk orang yang sakit typus dan hepatitis.

Demikianlah sekilas informasi tentang tips ringkas bagaimana cara menjaga kesehatan liver dengan mengonsumsi makanan multi vitamin.