makanan sehat untuk usia 40

Tujuh Pola Makan Wajib Dijalankan Bagi Yang Berusia 40 tahun

Memasuki usia kepala empat membuat kita tersadar sejenak bahkan sekarang sudah tidak muda lagi.   usia empat puluh tahun merupakan akhir dari masa puncak produktivitas manusia. Di mana pada usia ini beberapa organ tubuh mulai mengalami penurunan dan perubahan.

Penurunan fungsi tubuh merupakan hal yang wajar,  misalnya rambut mulai memutih, kulit tidak lagi mengkilap, penglihatan pun menurun. Selain itu tenaga tidak sekuat dulu lagi dan mudah letih.  Kondisi ini adalah wajar adanya.   Jangan terlalu disikapi berlebihan dan jangan panik, ketika memasuki usia paruh baya ini yang diperhatikan adalah meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan.

Kwalitas kesehatan diusia empat puluh merupakan dasar untuk menatap perjalanan di masa tua nanti.  Jangan sampai di masa tua nanti kita sakit –sakitan terus.

Tujuh Pola Makan Wajib Dijalankan Bagi Yang  Berusia  40 tahun

Diusia empat puluh tahun pola makan tidak lagi sama seperti masa muda dulu.  Ada beberapa jenis makanan yang harus dibatasi dan porsinya dikurangi.  Dibawah ini merupakan tujuh pola makan wajib dijalankan bagi yang  berusia 40 tahun.

  • Tambahkan makanan antioksidan

Pertama perbanyak makanan yang mengandung zat antioksidan tinggi sebagai menu harian. Contohnya brokoli, paprika hijau,   kangkung, dan sebagainya. Fungsi antioksidan ini untuk mencegah radikal bebas, dan menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit.

  • Pilih Menu yang baik untuk kesehatan kardiovaskuler

Usia kepala empat merupakan masa rawan terhadap serangan jantung dan stroke, maka  dari itu pilihlah makanan yang menyehatkan jantung, seperti selada, kecambah, apel,  buah kiwi, ikan laut.

  • Perbanyak makanan antikanker

Perbanyak menyantap makanan antikanker seperti bayam, wortel, gandum, teh hijau.  Makanan ini mengandung senyawa alami yang berfungsi menghentikan perkembangan sel kanker.

  • Perbanyak konsumsi omega 3

Perbanyak makanan ikan, telur, dan tempe,  susu atau keju. Semua jenis makanan tersebut kaya akan kandungan omega 3. Nutrisi ini dapat mengoptimalkan kinerja otak  pada orang dewasa.

  • Pilih makanan yang bersifat diuretic

Selain itu rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti belimbing, melon, semangka, dan bengkuang.   Makanan tersebut mempunyai sifat diuretic meluruhkan racun –racun keluar dari tubuh melalui air seni.

  • Kurangi makanan berlemak

Kurangi menyantap makanan berlemak, seperti daging sapi, daging kambing, sosis, ham dan sebagainya. Makanan tersebut sangat sulit dicerna dan  memicu gangguan jantung dan penyumbatan pada pembuluh darah.

  • Tidak lagi menyantap fastfood

Selanjutnya kurangi kebiasan menyantap makanan cepat saji, makanan instan dan makanan yang dikemas dengan kaleng, plastik atau makanan yang mengandung MSG.

Sampai di sini penjelasan singkat tentang tujuh pola makan yang harus dipatuhi Berusia  40 tahun.