Categories
Langsing

Tujuh Macam Makanan Ramah Bagi Penderita Diabetes

Positif mengidap diabetes miletius bukanlah akhir dari segalanya. Meski penyakit ini tidak bisa disembuhkan seperti semula, tapi bisa dikendalikan agar tidak kambuh.  Salah satu metode pengendalian  penyakit adalalah memperhatikan pola makan.

Memang bagi penderita Diabetes disarankan untuk mengurangi beberapa jenis makanan manis dan mengandung kadar gula tinggi.  Namun ada beberapa jenis sumber makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita DM, dan  berfungsi sebagai pengontrol kadar gula.

Tujuh Jenis Makanan Sehat Untuk  Penderita Diabetes

Penyakit diabetes miletius  atau lazim dinamakan kencing manis ini merupakan penyakit dimana tubuh kesulitan memproduksi hormone insulin untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Akibatnya  tubuh kelebihan kadar gula. Sehingga menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.  Akibatnya terjadi komplikasi penyakit lain.

Namun penyakit ini bisa dikendalikan melalui pola asupan makanan jenis tertentu agar tetap dalam  batas wajar.  Selain itu juga diiringi dengan melakukan olahraga secara teratur.  Berikut ini adalah bahan makanan yang ramah terhadap penderita DM :

  • Jamur

Jamur merupakan makanan sehat kaya akan vitamin D,  Vitamin B kompleks, protein dan mineral. Makanan ini rendah kolesterol dan lemak. Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hipertensi.

  • Kacang – kacangan

Biji-bijian juga mengandung Omega-3, folat, magnesium, kalium, dan kronium. Efektif untuk menjaga stamina  penderita diabetes. Serta meningkatkan imunitas tubuh.

  • Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang mengandung zat besi tinggi. Efektif untuk mengontrol tekanan darah.  Bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Wortel

Wortel  tak hanya dikenal sebagai sumber vitamin A dosisi tinggi saja.  Tanaman kelompok umbi –umbian ini juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah pada ambang batas.

  • Gandum

Gandum merupakan makanan  sumber karbohidrat dari  tanaman serealia.  Makanan ini mengandung kadar gula rendah, tapi kaya akan serat.  Bisa menjadi sumber karbohidrat alternatif pengganti nasi.

  • Paprika

Paprika merah maupun paprika hijau merupakan bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi harian bagi penderita penyakit degenerative.  Paprika  merah mengandung senyawa betakaroten sebagai agen antioksidan.

  • Sayuran Mayur

 Semua jenis sayuran berdaun hijau gelap diyakini  rendah kalori, tapi  tinggi serat, serta kaya akan kalium. Selain itu sayuran ini juga kaya akan serat.  Jenis sayuran tersebut antara lain sawi hijau, pakcoy, kangkung, bayam, dan brokoli.