Categories
Tips Sehat

Tujuh Langkah Mudah Cegah Serangan Jantung

Serangan jantung menjadi pembunuh nomer satu di Indonesia. Tingkat kematian akibat gangguan fungsi jantung masih tinggi, dan masih sulit dicegah karena sifatnya mendadak dan sulit dideteksi.   Kematian mendadak karena serangan jantung ini bisa menimpa siapa saja wanita maupun pria dewasa di atas 30 tahun.

Gejala –gejala serangan jantung antara lain terasa nyeri pada bagian dada  kiri, nafas terasa berat dan dilanjutkan penurunan kesadaran.  Jika kondisi ini tidak lekas di beri pertolongan tim medis, dipastikan akan berujung pada kematian.

Penyebab dari serangan jantung adalah faktor pola hidup yang tidak sehat, serta kelebihan kolesterol jahat /LDL. Sehingga menyebabkan penumpukan plak dalam pembuluh darah arteri.

Sebenarnya  ada banyak cara efektif cegah serangan jantung yakni dengan menjalani pola hidup sehat. Meninggalkan kebiasaan buruk merusak kesehatan seperti merokok dan minum kopi terlalu banyak.

Tujuh Langkah Mudah Cegah Serangan Jantung

Bagi Anda yang usianya beranjak 30 sudah saatnya untuk memperhatikan kesehatan dan pencermati setiap kejanggalan yang terjadi pada tubuhnya.  Pasalnya di usia 30 ke atas, kita sudah sedikit tahu tentang penyakit apa yang kerap menyerang dirinya. Misalnya hipertensi,  maag, kadar gula tinggi dan sebagainya. Demikian juga wajib mewaspadai serangan jantung, terutama bagi yang punya resiko tinggi.

Berikut ini  tujuh langkah mudah cegah serangan jantung, langkah ini bisa ditarepkan sendiri di rumah :

  • Aktif bergerak

Langkah pertama kurangi duduk terlalu lama di depan komputer, atau nonton  televisi. Luangkan waktu untuk beraktivitas fisik, seperti  membersihkan rumah, jalan kaki, bermain dengan anak atau bersepeda. Kegiatan secara tak langsung turut membakar kalori dan timbunan lemak.

  • Stop rokok

Hentikan kebiasaan merokok,minimal kurangi secara bertahap.  Perokok berat punya resiko lebih besar terkena serangan jantung dari pada orang yang tidak merokok.

  • Konsumsi sayuran & buah

Berbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Kedua makanan sehat tersebut mengandung banyak nutrisi dan serat yang bermanfaat menjaga kesehatan dan menguatkan fungsi jantung.

  • Menyantap kecambah

Rutin memakan kecambah, ternyata efektif menjauhkan resiko terkena serangan jantung. Kandungan seng, potasium, asam folat, fosfor, kalium, zat besi efektif menjaga kesehatan jantung dan menambah darah.

  • Rutin Olahraga

Biasakan diri untuk berolah raga, minimal sehari luangkan waktu 30 menit untuk berolahraga ringan seperti jogging, badminton, atau senam.   Olahraga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

  • Berjemur sinar matahari pagi

Berjemur di pagi hari atau melakukan aktivitas di luar ruangan, bermanfaat membunuh bakteri yang masuk dalam tubuh, menyehatkan kulit dan tulang.

  • Kendalikan stress

Terlalu sering mengalami stress karena beban pekerjaan, dan masalah lain, turut menurunkan kwalitas hidup seseorang.  Stress berdampak  mengganggu metabolisme tubuh.  Maka dari itu disarankan kendalikan stress dengan berpikir positif,beribadah dan skala prioritas dalam menyelesaikan masalah.

  • Kurangi konsumsi fast food

Langkah terakhir adalah hentikan kebiasaan menyantap makanan cepat saji atau fast food dan minum soft drink. Makanan jenis tersebut mengandung banyak lemak jenuh, dan pemanis.

Demikianlah  ulasan singkat tentang tujuh langkah cegah serangan jantung. Smoga ada manfaatnya.