Categories
Makanan Sehat

Tujuh Fakta Mengapa Nanas Itu Penting Bagi Kesehatan

Ada tujuh fakta mengapa nanas itu penting bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Nanas merupakan salah satu buah tropis yang dibudidayakan secara massif di Indonesia. Buah  yang kulitnya nampak bersisik dan kasar ini bisa diolah menjadi makanan maupun minuman.

Buah ini bisa dinikmati  kapan saja,  dagingnya berwarna kuning, rasanya manis  dan berair.  Cocok disantap dalam keadaan segar.   Tahukah Anda bahwa nanas sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bisa menurunkan berat badan secara efektif.

Buah ini merupakan satu –satunya sumber bromelian. Nutrisi yang berfungsi memecahkan protein yang diserap oleh tubuh. Bromelain juga berguna mencegah inflamasi atau  peradang.

Tujuh Fakta Mengapa Nanas Itu Penting Bagi Kesehatan

Nanas  setidaknya mengandung sepuluh jenis nutrisi  antara lain thiamin. Riboflavin, vitamin c, vitamin B-6 / asam folat. asam pantothenic. Unsur mineral meliputi magnesium, mangan, potassium, antioksidan, dan beta karoten.

Berikut ini adalah tujuh manfaat nanas untuk menjaga kesehatan :

  • Membentuk otot

Nanas dapat membantu membentuk otot agar terlihat menonjol. Buah ini cocok sebagai makanan tambahan setelah selasai fitness.

  • Mencegah degenarasi macula / penurunan ingatan

Buah tropis ini juga dapat mencegah  proses degenerasi macula atau penurunan indera visual pada usia lanjut.   Pada orang tua rata –rata mereka kesulitan mengenali objek atau membaca tulisan karena penglihatannya kabur.  Kandungan mineral seperti ribovlafin, dan asam pantothenic  bermanfaat menguatkan otot dan rentina mata.

  • Meningkatkan metabolisme pasca sakit

 Kandungan vitamin C pada nanas cukup tinggi, setara dengan jeruk. Dapat melancarkan metabolisme tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Seperti jenis buah yang lain, nanas juga kaya akan kandungan serat alami. Dapat melancarkan proses pencernaan. Menjaga kesehatan usus dan bakteri baik, dan membersihakan usus besar dari kotoran yang menumpuk.

  • Dapat meredakan sakit kepala

Nanas bisa dijadikan obat alternatif meredakan sakit kepala, khasiatnya setera dengan aspirin. Selain itu mengonsumsi nanas secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Meredakan mual

Bagi wanita hamil disarankan minum jus nanas secara teratur, supaya menghindari rasa mual di pagi hari. Selain itu juga dapat mencegah mabuk saat melakukan perjalanan darat dan laut.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang tujuh fakta mengapa nanas itu penting bagi kesehatan.  Semoga ada manfaatnya.