Categories
Tips Sehat

Tujuh Cara Tetap Bugar Secara Alami

Membentuk tubuh tetap bugar sepanjang hari, sebenarnya tidak perlu pergi ke fitness center. Selain biaya iuran cukup mahal, juga butuh proses lama untuk membentuk tubuh ideal.   Fitness center hanya cocok untuk kalangan berduit saja.

Bagi mereka yang tak punya budget untuk gym,Anda pun bisa menjaga kebugaran secara mandiri dan bisa dilakukan di rumha. Caranya Anda hanya perlu meningkatkan aktivitas fisik harian di rumah atau di tempat kerja saja.

Tujuh Cara Tetap Bugar Secara Alami

Ada beberapa jenis pekerjaan rumah yang cukup efektif membakar lemak, dan bisa dijadikan olahraga. Di bawah ini ada tujuh pekerjaan rumah yang bermanfaat menambah kebugaran fisik, dan membakar kalori.

  • Jalan Pagi

Biasakan jalan pagi selama setengah jam saja, di seputar lingkungan kediaman Anda. Lakukan setiap hari,  karena punya banyak manfaat positif, seperti menjaga stamina, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah jantung koroner dan sebagainya.

  • Bersepeda

Alternatif kedua adalah bersepeda ke tempat kerja atau hanya untuk pergi kesuatu tempat. Bersepeda lebih menyehatkan dari pada naik montor. Bermanfaat membakar kalori, menguatkan pernafasan dan kekuatan otot kaki.

  • Membersihkan Rumah

Bersih –bersih rumah merupakan pekerjaan rutin yang menyebalkan bagi sebagian orang. Tapi ternyata aktivitas ini justru punya manfaat ganda, selain rumah jadi bersih, badan  pun terasa sehat. Sebab  kegiatan ini cukup menguras tenaga dan mengeluarkan banyak keringat.

  • Naik tangga

Biasakan naik tangga  dari pada menggunakan lift atau escalator saat di tempat kerja atau di apartemen. Aktivitas ini dapat mampu membakar kalori cukup banyak, dan meningkatkan kekuatan otot kaki, dan menjaga fungsi jantung.

  • Memasak di dapur

Kegiatan memasak di dapur, meski terlihat sepele tarnyata bermanfaat untuk tubuh. Di mana kita diharuskan berdiri cukup lama di depan kompor.

  • Berkebun

Aktivitas berkebun / gardening adalah alternatif bagi yang mereka menyukai bertanam. Berkebun bisa dilakukan pada waktu luang, di sore hari, atau pagi.

  • Bermain dengan anak

Floor time atau bercengkerama dengan bersama anak –anak sangat menyenangkan dan bisa mengurangi stress. Selain itu juga ternyata dapat membekar kalori hingga 200 kal. Apalagi jika di lakukan di taman atau kalau tidak memungkinkan bisa di dalam rumah.   Lakukan floor time di waktu luang, misalnya setelah pulang atau pada hari minggu.