Categories
Makanan Sehat

Tujuh Alasan Kenapa Kentang Itu Penting

Tahukah Anda bahwa ada tujuh alasan kenapa kentang itu penting untuk kelangsungan kesehatan manusia.  Sejak lama kentang menjadi bahan makanan utama manusia, sebagai sumber karbohidrat.  Selain itu makanan yang berasal dari tanaman umbi –umbian ini dapat diolah menjadi camilan ringan, pelengkap beef steak maupun ayam goreng. Serta bisa diolah menjadi berbagai macam makanan ringan.

Bagi penderita diabetes miletius tipe 2  adalah sumber makanan pokok pengganti nasi putih. Sebab kentang tidak mengandung banyak kadar gula seperti nasi, dan aman bagi penderita DM.   

Tujuh Alasan Kenapa Kentang Itu Penting

Menurut pendapat dari ahli gizi menyimpulkan bahwa setidaknya ada tujuh manfaat positif apabila mengonsumsi kentang secara teratur, sebagai sumber makanan pokok.

  • Pembentukan sel baru

Vitamin B6 merupakan nutrisi penting untuk membantu proses pembentukan jaringan sel baru dalam tubuh manusia.  Protein dan asam amino memerlukan vitamin B6 sebagai proses sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh.

  • Mencegah bibit kanker

Fungsi vitamin B6 juga dapat mencegah berkembangnya bibit tumor dan kanker, terutama kanker rahim, kanker prostat dan kanker usus.  Kadar gula pada kentang sangat rendah, sehingga tidak akan membuat sel kanker berkembang biak.

  • Menurunkan kolesterol

Manfaat kentang juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat / LDL.  Senyawa potassium cukup banyak pada kentang, dapat mengurangi penimbunan kolesterol LDL.   Kandungan kalori pada kentang rebus sangat rendah, cocok dipakai sebagai menu diet harian.

  • Mencegah pembentukan batu ginjal

Kentang rebus sangat aman dikonsumsi bagi penderita batu ginjal. Kandungan magnesiumnya dapat memecahkan residu penyebab  batu ginjal di saluran kantong kemih dan ginjal.

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Ada banyak kandungan mineral yang bermanfaat menjaga kekuatan tulang dan gigi, mencegah pelapukan tulang / osteoporosis. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng merupakan nutrisi lengkap bagi tulang dan gigi.

  • Menjaga kesehatan otak

Kandungan kalsium, vitamin B6 sangat bermanfaat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke otak.  Menguatkan transmisi syaraf, sehingga menguatkan daya ingat.

  • Menjaga kesehatan jantung

Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya punya peran penting menjaga fungsi jantung,membersihkan plak di arteri.  Sekian dulu uraian singkat mengenai tujuh alasan kenapa kentang itu penting.