Categories
Tips Sehat

Tips sehat Tanpa Obat Asam Urat

Obat asam urat mudah didapat di pasaran dengan berbagai jenis merk. Namun untuk mengobati penyakit asam urat / ghout di perlukan cara bijak saat memilih obat yang tepat. Jangan sampai Anda terlalu banyak mengonsumsi obat –obatan asam urat dalam jangka waktu lama.   Kebiasaan ini justru menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan Anda sendiri.

 Asam urat atau gouth bukanlah penyakit ringan yang bisa sembuh dengan sekali dua kali minum obat. Justru penyakit ini sifatnya permanent tidak bisa sembuhkan secara tuntas. Sebab asam urat ini akibat dari metabolsme tubuh terganggu, karena ginjal gagal menetralisir kadar purin. Sehingga terjadi penumpukan Kristal –Kristal purin di dalam otot dan sendi.

Penyakit ini sangat merepotkan, jika kambuh orang yang terserang asam urat merasakan kesakitan luar biasa pada persendian, seperti bagian tungkai kaki, ruas ibu jari.  Sehingga ketika kambuh menyebabkan kesulitan untuk berjalan.

Sehat tanpa Obat Asam Urat

Ada cara yang lebih bijak menekan asam urat agar tidak mudah kambuh, selain minum obat. Yakni menjalani hidup sehat, diet asam urat.  Lebih jelasnya bisa Anda baca tips berikut ini :

  • Minum air putih

Dua gelas  minum air putih sebelum tidur malam dan dua gelas setelah bangun tidur,  bermanfaat membantu kerja ginjal untuk membuang kelebihan purin melalui urin.

  • Pantangan makanan penyebab asam urat

Langkah kedua adalah mematuhi pantangan menyantap makanan yang mengandung asam urat tinggi. Untuk tahap awal bisa dengan mengurangi kadar makanan tersebut.

  • Hindari makanan manis / permen, gula, permen karet

Stop dulu kebiasaan mengunyah permen karet, permen coklat dan aneka manisan.  Makanan ringan tersebut bisa menaikan kadar purin lebih cepat.

  • Hindari kegiatan fisik yang melelahkan

Bagi orang yang telah berusia lanjut, hindari kegiatan fisik yang melelahkan dan menguras keringat. Sebab jika kondisi tubuh lelah, bisa menyebabkan metabolisme terganggu.

  • Kontrol berat badan

Langkah terakhir adalah control berat badan agar  tetap ideal.  Jangan sampai terlalu gemuk. Pada orang kegemukan biasanya kadar purin tinggi, dan malas bergerak sehingga  tubuh tidak begitu banyak mengeluarkan racun.