Categories
Tips Sehat

Tips Sehat Selama Menempuh Penerbangan Panjang

Menempuh penerbangan panjang menggunakan pesawat komersial selama berjam –jam, mengakibatkan gangguan kesehatan seperti penat, mabuk udara, tungkai kaki bengkak  maupun jet lag. Kondisi ini banyak dialami oleh siapa pun, bagaimana tidak, duduk di kabin selama berjam –jam bersama puluhan penumpang lain.  dimana kondisi tubuh statis terpaku di kursi, tentu tidak nyaman, terutama ketika tidur akan tidur.

Efek samping itu terkadang perlu beberapa hari untuk pemulihan secara tuntas, terutama masalah jet lag kerap dialami penumpang lintas benua.  Gangguan orientasi lingkungan, jam biologis ini perlu beberapa hari untuk berdaptasi dengan lingkungan baru.

Agar selama penerbangan tetap nyaman dan sehat hingga sampai tempat tujuan.  Anda perlu mempersiapkan fisik  guna  menempuh penerbangan panjang.

  • Perbanyak asupan cairan

Dua jam sebelum terbang, disarankan untuk minum air putih sebanyak minimal tiga gelas.  Tujuan agar tubuh terhindar dari dehidrasi, dan membantu fungsi ginjal, karena selama penerbangan Anda akan duduk selama berjam –jam.  Demikian pula selama penerbangan siapkan satu botol air putih untuk diminum.  Sebaiknya sering minum air putih meski tidak haus.

  • Hindari minuman bersoda dan beralkohol

Hindari minuman bersoda selama penerbangan atau beralkohol sebab dapat membikin perut kembung dan mulas. Demikian pula dengan minuman keras, meski itu kadar alkoholnya rendah ternyata dapat memperparah efek jet lag, serta membuat peminumnya mengalami gangguan tidur.

  • Hindari makan yang mengandung gas, lemak dan garam

sebelum penerbangan maupun selama penerbangan hindari makanan yang mengandung gas, seperti coklat, kobis, sawi hijau, durian. Selain itu hindari menyantap daging merah dan makanan yang mengandung garam. Jenis makanan tersebut bersifat menyerap cairan terlalu banyak, dapat mempercepat dehidrasi selama penerbangan.

  • Perbanyak konsumsi buah –buahan

Konsumsi buah –buahan yang mengandung vitamin C dosis tinggi, seperti jeruk, pepaya, buah kiwi, strawberry dan sebagainya.  nutrisi ini berfungsi menguatkan imunitas tubuh agar tidak gampang sakit.

  • Konsumsi suplemen yang mengandung melatonin

Agar mudah tidur pada penerbangan panjang Anda sebaiknya konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung senyawa melatonin.  Seperti yang terdapat pada permen jahe, teh chamomile.  Usahakan untuk tidur guna mengembali energy. Jadi apabila sudah sampai tujuan badan kembali segar dan Anda bisa menikmati wisata negara tujuan.