Categories
Makanan Sehat

Tips sehat Menu Berbuka Puasa Agar Diet Berhasil

Terkadang saat  menyantap buka puasa, kita kehilangan kendali menyantap semua menu yang tersedia atau yang kita inginkan.  Seakan malam malam hari dipakai sebagai waktu pelampiasan untuk menyantap menu  berbuka puasa apapun tanpa kendali.  Akibatnya selama puasa berat badan kita bukan berkurang justru menjadi naik.

Maka dari itu sebaiknya saat berbuka kita harus memperhatikan menu makanan yang tetap menjaga keseimbangan nutrisi.  Tujuannya agar program diet bisa berhasil.

Sebenarnya ada banyak jenis menu berbuka puasa untuk orang yang sedang diet.   Patokannya tetap pada pantangan atau membatasi asupan kalori, dan makanan berlemak.  Mengonsumsi karbohidrat komplek seperti beras merah, roti gandum, ketela, kentang dan ubi.

Tetap kurangi makan nasi putih, karena mengandung banyak zat gula yang justru akan menambah pasokan lemak dalam perut.  Selain itu selama puasa hindari konsumsi makanan dan minuman instant, karena tidak baik bagi kesehatan.

Aneka Menu Berbuka Puasa

Berikut ini aneka menu berbuka puasa yang bisa Anda coba  di rumah :

  • Gado gado

Gado –gado makanan khas Jakarta cocok untuk menu berbuka puasa bagi yang diet. Termasuk juga bagi yang para vegan.   Menu ini terdiri dari sayuran rebus,telur rebus, kentang rebus dan irisan timun. Sementara bumbu terbuat dari bumbu kacang, dilengkapi dengan kondimen kerupuk udang.

  • Cah kangkung

Cah kangkung  termasuk menu buka sehat, karena dimasak dalam api kecil dan proses masaknya tidak terlalu lama. Sehingga kandungan gizinya masih banyak.   Kangkung mengandung zat besi, kalsium dan mineral cukup tinggi. Sayuran ini berkasiat untuk meningkatkan produksi darah merah.  Jika tidak ada kangkung bisa memakai  sawi hijau, pakcoy atau sawi putih.

  • Siomay

Opsi lain yang bisa Anda coba adalah siomay, kuliner khas dari Bandung ini terbilang cukup lengkap kandungan gizinya.  Siomay terdiri dari bermacam jenis sayuran, kentang rebus, telur rebus, rebusan adonan kanji yang dicampur dengan daging ikan tengiri.  Sementara untuk bumbunya memakai bumbu kacang.

Demikian sedikit informasi tentang aneka menu berbuka puasa. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.