high heel

Tips Merawat Sepatu Hak Tinggi

Bagi wanita karier, sepatu merupakan elemen fashion yang  sangat  penting untuk menunjang penampilan agar tetap cantik dan menawan.  Sepatu tak hanya dipakai sekedar alas kaki saja, melainkan bagian dari trend.

Tak heran berbagai trend model sepatu hak tinggi maupun sepatu flat terus bermunculan. Bagi wanita rasanya sangat kurang apabila hanya punya dua pasang saja. Mereka selalu membeli sepatu dengan model kekinian agar bisa tetap update terus.

Terlepas dari itu, tak semua wanita  bisa meluangkan waktu untuk merawat sepatu hak tinggi koleksinya.  Padahal apabila sepatu dibiarkan begitu saja disimpan di rak bisa cepat rusak.  Tentu Anda tak ingin koleksi sepatu yang harganya mahal, rusak karena tidak pernah dibersihkan atau disemir.

Tips merawat sepatu hak tinggi

Merawat sapatu hak tinggi itu cukup mudah, hanya perlu dibersihkan secara berkala dan disimpan di tempat yang benar.  Lakukan langkah –langkah ini agar sepatu Anda  tetap awet dan kuat.

  • Jangan dicuci dengan air

Cara membersihkan sepatu hak tinggi  cukup dilap dengan kain basah.  Sementara untuk bagian hak yang biasanya banyak kotorannya, bisa disikat dengan air sabun.   Sepatu jangan direndam  pada air sabun, karena bisa merusak sepatu, membuat lem mengelupas dan  sebagainya.

  • Rutin disemir agar mengkilap

Agar kwalitas warna tetap kinclong, sebaiknya rutin disemir dengan semir khusus sepatu. Usahakan warna semir disesuaikan dengan warna sepatu. Tapi agar lebih aman cari semir dengan warna netral.

  • Jangan disimpan di tempat lembab

Perhatikan juga tempat penyimpanan sepatu, pilih ditempat yang kering.  Sebaiknya jangan disimpan di tempat lembab, seperti dekat kamar mandi atau dapur. Maksudnya agar sepatu –sepatu tidak berjamur dan rusak.

  • Jika terkena air segera jemur

Jika sepatu kerja Anda terkena air atau terendam banjir, sebaiknya  segera dikeringkan dengan dijemur di bawah terik matahari. Namun apabila kondisi cuaca tidak memungkinkan, dapat dikeringkan dengan hair dryer. Sepatu yang dibiarkan basah terus, mengakibatkan kulit sepatu  / vinyl terkelupas.

  • Bungkus dengan plastik

Apabila  sepatu disimpan dalam jangka waktu lama, disarankan untuk dibungkus terlebih dulu dengan plastik rapat –rapat. Selanjutnya diletakan di rak sepatu atau dikardus. Cara ini dapat mencegah agar sepatu tetap bersih dan tidak berdebu. Apabila akan dipakai tidak perlu lagi dibersihkan lagi.

Sekian dulu penjelasan singkat tentang tips merawat sepatu hak tinggi.  Silahkan dicoba sendiri di rumah dan semoga bermanfaat.