tips merawat kuku

Tips Merawat Kuku Dengan Bahan Alami

Kuku merupakan bagian tubuh yang selama ini tidak begitu diperhatikan. Padahal keberadaan organ ini sangat penting dan berguna bagi kita.  Kuku berfungsi sebagai alat untuk mengupas buah seperti jeruk, rambutan dan sebagainya.

Sementara bagi wanita kuku fungsinya untuk menunjang penampilan, maka dari itu kaum hawa begitu peduli terhadap kerapian kuku jari dan kaki.  Tak jarang kelima kuku jari diolesi dengan cat pewarna dengan berbagai macam warna.

Namun apabila kuku dibiarkan tidak dirawat dan kotoran yang tersilip pada ruas kuku tidak dibersihkan. Bisa menjadi  sarang bakteri yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Tips merawat kuku dengan bahan alami

Berikut ini cara membersihkan kuku dengan bahan alami yang mengandung disfektan yang mampu membunuh kuman.

  • Blimbing Wuluh

Blimbing wulung ternyata dapat dipakai untuk membersihkan kuku dari kotoran maupun cat pewarna.  Blimbing wulung kaya akan kandungan air.

  • Perbanyak minum air putih

Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agar Kuku tidak kering.

  • Getah Pepaya

 Alternatif lain adalah dengan menggunakan getah pepaya. Caranya petik pepaya muda, kumudian ambil getahnya yang berwarna putih bening. Oleskan getah itu pada permukaan kuku. Diamkan sejenak kemudian bersihkan lagi dengan air hangat.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk merawat rambut, ternyata juga bisa untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening

  • Bawang putih

Bawang putih dapat menguatkan kuku yang karakternya tipis dan mudah patah. Bawang putih. Mengandung zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. Caranya, parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku . Bisa juga dengan langsung menggosokkan bawang putih pada kuku Anda. Lakukanlah secara rutin, maka kuku Anda akan semakin kuat dan tidak rapuh.