Categories
Makanan Sehat

Tips Menyusun Menu Sahur Sehat Untuk Diabetes

Menyusun menu sahur sehat untuk diabetes tidak begitu sulit, sama seperti menyusun menu diet diabetes. Hanya saja jadwal makannya diubah, saat melakukan puasa di bulan Ramadhan.    Diabetes merupakan penyekit degenaritif yang tidak bisa disembuhkan seperti semula,  tapi hanya bisa dikendalikan agar kadar gula dalam darah tidak  naik.

Namun meski menderita diabetes, jangan dijadikan alasan untuk tidak puasa. Terutama bagi umat Islam  yang dewasa, hukumnya wajib.  Justru manfaat puasa ternyata sangat baik untuk kesehatan jasmani dan rohani.

Berpuasa di siang hari memberikan kesempatan kepada organ pencernaan untuk istirahat sejenak. Selama masa istirahat, akan mempercepat proses pergantian jaringan sel rusak, ke sel baru.  Demikian pula bagi penderita diabetes,melalukan puasa rutin, berguna untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Tips Menyusun Menu Sahur Sehat Untuk Diabetes

Membuat daftar menu sahur, harus diutamakan asupan nutrisi seimbang.  Membatasi asupan karbohidrat, dan makanan manis.

  • Sumber karbohidrat

Untuk penderita  diabetes sebaiknya hindari dulu makan nasi putih, ganti dengan kentang rebus atau nasi merah. Kentang  rasanya lebih aman untuk dikonsumsi harian, karena rendah gula, tapi kandungan karbohidratnya cukup tinggi.   Sehingga ketika berpuasa tidak mudah lelah.

  • Jus wortel

Sempatkan membuat jus wortel, pada menu sahur Anda.  Minuman dari sari wortel ini berkashiat menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah.  Selain itu vitamin A yang terkandung dalam wortel, membantu kesehatan mata.

  • Menu sayuran

Menu sahur sehat untuk diabetes yang paling penting adalah masakan yang terbuat dari sayuran segar.   Agar lebih segar, sebaiknya masak saat menjelang sahur saja. Pilih resep masakan yang cara pengolahannya cepat dan tidak perlu banyak bumbu. Seperti contohnya cah kangkung,  pecel, capcay dan sebagainya.

  • Air Putih

Setelah santap sahur sebaiknya minum satu gelas air putih.  Manfaat air putih untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, melancarkan proses pencernaan makanan dan membantu kerja ginjal melancarkan pembuangan urin.

Demikianlah sekilas tentang  tips menyusun menu sahur sehat untuk diabetes. Semoga ada faedahnya, dan akhir kata selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.