Categories
Tips Sehat

Tips Mengembalikan Kesehatan Pasca Hari Raya

Hari Raya sudah berlalu, pesta pun usai sudah. Sebagaimana di ketahui lebaran itu identik dengan makanan daging merah danmasakan bersantan seperti opor ayam, gulai dan sebagainya.  Biasanya kita tanpa sadar menyantap banyak makanan tersebut sepuasnya.  Sebagai pelampiasan setelah sebulan puasa.   Tak  kasus penyakit pasca lebaran bertambah banyak seperti hipertensi, gout, diabetes dan diare.

Agar ketika hari raya  tetap sehat dan berat badan tetap stabil maka Anda perlu sedikit mengatur pola makan, tapi lebih tepatnya mengontrol hasrat untuk makan.   Sebaliknya apabila Anda makan terlalu banyak,  membuat organ pencernaan menjadi kaget. Biasanya pada bulan puasa  sistem  pencernaan kondisi lamban.  Ketika lebaran mendadak  kita makan terlalu  banyak dengan menu makanan daging merah berlemak tinggi. Maka organ pencernaan dipaksa bekerja keras seharian. Sehingga memicu produksi asam lambung berlebihan.

  • Pilih menu rendah lemak

Ketika hendak makan pilih menu yang relative aman untuk perut Anda, cari menu yang rendah lemak seperti ikan, jamur, sayur dan sebagainya.

  • Atur pola makan

Jangan terbawa nafsu untuk menyantap makanan enak khas Lebaran. Meski lezat belum tentu makanan tersebut baik untuk kesehatan dan menyehatkan Anda.  makanan yang berlebihan juga memicu berbagai macam penyakit.  Sebaiknya Anda harus bisa mengontrol nafsu makan. boleh makan makanan berlemak tapi tidak boleh banyak –banyak.

  • Perbanyak minum air putih

Lebaran di Indonesia dirayakan dengan berbagai makanan dan minuman manis seperti sirup, softdrink dan sebagainya. Anda harus menghindari jenis minuman tersebut, minimal dikurangi. Beralihlah pada minuman air putih.  Fungsi air putih dapat membantu meluruhkan zat –zat berbahaya dari dalam tubuh. Selain itu dapat menjaga metabolisme tubuh.

  • Berbanyak asupan serat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, harus diimbangi juga dengan asupan serat alami. guna membantu meringankan beban kerja organ pencernaan. Selain itu fungsi serat atau fiber dapat meluruhkan lemak  tak jenuh.  Asupan serat alami terdapat pada sayuran hijau, buah –buahan dan agar –agar yang terbuat dari rumput laut.