Categories
Berat Badan

Tips mendapatkan berat badan ideal

Indikasi  kesehatan salah satunya diukur dari rasio antara berat badan dan tinggi badan.  Semua harus seimbang, apabila kelebihan berat badan juga tidak baik dan berpotensi menganggu kesehatan. Demikian pula sebaliknya, berat badan yang kurang atau terlalu kurus juga berimbas menurunnya kwalitas imunitas tubuh.

Maka dari itu kita perlu menjaga berat badan agar tetap pada angka ideal, tidak gemuk , juga tidak terlalu kurus.  Namun untuk menjaga berat badan tetap proposional, itu ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu komitment kuat  menjalankan pola hidup sehat.  Apalagi godaan untuk ngemil dan jajan sangat tinggi saat berada di luar rumah.  Kalau tidak imbangi dengan diet, bisa –bisa perut bertambah melar jadinya.

Tips mendapatkan berat badan ideal

Sebenarnya menjalankan pola hidup sehat dengan hanya memakan –makanan sehat itu mudah, dan jauh lebih irit.  Tapi yang menjadi hambatan adalah malas, dan mudah tergoda saja.  oleh karena itu Anda perlu membuat komitmen dan pandai –pandai menjaga diri.

Berikut ini penjelasan tentang tips mendapatkan berat badan ideal :

  • Olahraga rutin

Olahraga yang dilakukan setiap hari atau minimal tiga kali seminggu, cukup efektif memangkas timbunan lemak. Misalnya badminton, jalan pagi keliling kompleks, bersepeda, atau fitness.

  • Perhatikan pola makan yang benar

Ganti menu makanan Anda dengan makanan sehat dengan nutrisi seimbang.  Usahakan harus  sayuran pada menu makakan harian.  Gantikan camilan dengan menyantap buah –buahan segar.

  • Konsumsi makanan rendah lemak

Pilih jenis makanan  yang rendah lemak, seperti  ikan salmon, ikan tuna, daging ayam, telur.  Makanan tersebut juga mengandung omega 3, bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dan otak.  Hindari makanan yang memicu kegemukan seperti daging merah ( daging sapi, daging kambing, babi ) makanan dari olahan daging merah ( sosis, ham, bacon, kornet ).

Demikianlah sekilas informasi singkat terkait dengan tips mendapatkan berat badan ideal.  Diharapkan tulisan singkat ini bisa membangun kesadaran pembaca akan pentingnya menjaga kesehatan.  Sumber penyakit itu sebenarnya datang dari apa yang kita makan.