Categories
Tips Sehat

Tips Mencegah Maag Agar Tidak Kambuh Saat Puasa

Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam.  Puasa lancar selama tiga puluh hari penuh merupakan tujuan kita semua. Namun bagi penderita maag, berpuasa merupakan sebuah tantangan tersendiri yang harus dihadapi.  Sebagian orang merasa kwatir jika puasa nanti penyakit maagnya akan kambuh.

Maag memang identik dengan kebiasaan telat makan atau  terlalu  banyak makan makanan pedas atau asam. Sehingga lambung menjadi terganggu atau meradang.  Maag bukan penyakit menular, melainkan akibat dari kebiasaan buruk saja.

Sebenarnya ada cara tepat untuk menyiasati agar penyakit gangguan pencernaan ini tidak kambuh.  Ada tips mencegah maag yang wajib Anda kerjaan.  Cara ini tidaklah begitu sulit, pointnya hanya mentaati pola makan yang baik dan benar.

Tips Mencegah Maag

Bagi penderita maag tidak usah kewatir lagi saat menjalani ibadah puasa.  Dibawah ini ada beberapa tips bijak  untuk mencegah maag agar tidak kambuh saat berpuasa.

  • Saat buka jangan segera makan nasi

Saat berbuka puasa sebaiknya jangan bergegas memakan nasi.  Awali dengan makanan ringan atau minum yang manis. Maksudnya supaya lambung tidak  kaget.  Apabila Anda berbuka langsung makan besar, dipastikan organ pencernaan langsung bekerja keras memroses nasi.  Akibatnya setelah makan perut jadi perih, terasa sebah / penuh atau kembung.

  • Hindari makanan pedas  dan asam

Saat buka sebaiknya hindari menyantap makanan terlalu pedas, berminyak seperti gorengan atau  buah –buahan yang terasa asam.  Makanan itu justru tidak baik untuk lambung, atau bisa menyebabkan asam lambung bertambah banyak.

  • Selama puasa jangan minum kopi atau minuman berkarbonasi

Selama puasa juga patuhi pantangan minum kopi, atau minuman berkarbonasi seperti softdrink.  Dua jenis minuman ini berakibat perut menjadi kembung atau cepat kenyang.

  • Makanan dikunyah hingga halus

Biasakan juga saat mengunyah makanan harus sampai halus, sebelum ditelan.  Kebiasaan ini ternyata tidak disadari oleh kita.  Makanan tidak dikunyah dengan baik, atau masih kasar, menambah beban lambung dan organ pencernaan lain untuk bekerja lebih keras.

  • Jangan lupa santap sahur

Tips Mencegah Maag terakhir adalah pastikan selalu bersantap sahur dengan memperhatikan asupan gizi.  Disarankan jangan makan sahur dengan menu mie insant atau makanan cepat saji.   Selain kurang menyehatkan, sisa makanan tersebut bisa menimbulkan asam lambung yang membikin perih perut.