Categories
Diet

Tips Jitu Turunkan Berat Badan setelah Lebaran

Hari Raya telah selesai dan meninggalkan kenangan manis. Tapi ada yang sesuatu yang membikin kita kewalahan dibuatnya, yakni berat badan mendadak meningkat drastis. Mengapa karena saat lebaran pola makan sangat tidak terkontrol.  Maka ketika Turunkan Berat Badan setelah Lebaran rasanya sangat berat dan butuh waktu.   Memang menaikan berat badan lebih mudah daripada menurunkan.

Lebaran dianggap sebagai moment pelampiasan nafsu makan setelah sebulan berpuasa. Hingga menu apa pun dimakan. Padahal makanan khas lebaran biasanya penuh dengan lemak dan bersantan. Demikian pula dengan aneka kue kering yang rata-rata rasanya cukup manis.  Maka dari ketika perut makin buncit, banyak yang kewalahan turunkan berat badan setelah Lebaran.  Selain itu penyakit pasca hari raya pun bermunculan, seperti hipertensi, kadar gula darah naik, dan diare dan maag.

Tips Jitu Turunkan Berat Badan setelah Lebaran

Berikut ini adalah sederet langkah untuk memangkas timbunan lemak dalam perut, dan mengendalikan berat badan agar tetap langsing:

  • Kembali rutin berolahraga

Langkah pertama lakukan olahraga lagi seperti semula, seperti jogging, fitness atau lari pagi untuk membakar lemak. Bisa juga dengan lompat tali atau renang.  Lakukan serutin mungkin agar lemak bisa lebih cepat berkurang.

  • Hindari makanan berlemak dan bersantan

Untuk semantara waktu jangan dulu makan makanan berlemak seperti goreng –gorengan, daging merah dan makanan yang dimasak dengan santan. Pasalnya santan mengandung lemak jenuh mengandung kalori cukup tinggi, dan bisa menyebabkan timbunan lemak.

  • Perbanyak konsumsi buah –buahan dan sayuran

Hentikan menyantap makanan ringan / camilan ganti dengan makan buah –buahan segar seperti apel, jeruk atau pisang. Ganti menu rendang atau gulai dengan sayuran hijau dan ikan saja. Kandungan serat pada sayuran dan buah –buahan membantu lancarkan proses pencernaan dan meluruhkan lemak.  Daging ikan tidak menyebabkan gemuk, sehingga aman dikonsumsi.

  • Ganti nasi putih dengan beras merah

Selama proses diet ganti nasi putih dengan beras merah. Selama ini nasi putih yang disantap setiap hari menyumbang lemak cukup banyak.  Nasi putih mengandung kadar gula cukup tinggi dan mengakibatkan kegemukan jika dikonsumsi terlalu banyak.  Berbeda dengan nasi merah, kandungan gula sangat rendah, tapi kadar karbohidratnya lumayan tinggi. Selain itu menyantap nasi merah menimbulkan sensasi kenyang cukup lama.

  • Minum air putih

Langkah terakhir turunkan berat badan setelah Lebaran adalah berbanyak minum air putih. Minimal dua liter setiap hari. Air putih bermanfaat meluruhkan racun –racun dari dalam lambung, melancarkan metabolisme tubuh dan membantu kerja organ ginjal.