Categories
Tips Sehat

Tips Jitu Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Obat

Demam merupakan gejala tubuh melawan virus.  Di mana saat terjadi infeksi sel darah putih berjuang mematikan  bakteri yang masuk, dan syarat menaikan suhu tubuh agar bakteri cepat mati.  Saat terjadi demam suhu tubuh meningkat dari bisanya, menjadi 38 – 39 drajat Celsius. Biasanya saat terjadi demam diiringi dengan pusing, badan lemas dan selera makan berkurang.

Namun jika itu terjadi pada anak sebagai orang tua terkadang kita dibuat repot. Bergegas memberikan obat penurun panas agar demam cepat reda.  Namun ternyata langsung memberikan obat penurun panas, untuk jangka panjang kurang baik.  Karena imun tubuh lama kelamaan menjadi rentan.

Tips Jitu Menurunkan Demam Tanpa Obat

Ada beberapa tips bijak mengatasi demam tinggi tanpa memakai obat –obatan kimia.  Di bawah ini ada sederet tips  makanan dan minuman  yang bermanfaat menurunkan demam :

  • Gunakan baju tipis

Saat demam disarankan jangan mengenakan jaket,  pakailah baju tipis yang nyaman, usahakan terbuat dari bahan katun. Agar pelepasan panas tubuh bisa lancar.   Sementara baju katun bersifat menyerap keringat.

  • Minum air putih

Perbanyak minum air putih  selama demam. Tapi jangan air es. Manfaat air putih untuk menurunkan panas dari dalam. Serta melancarkan metabolsime tubuh.

  • Minum jus buah

Jus buah terutama orange juice atau jus melon berperan sebagai obat alami menurunkan demam tinggi. Kandungan vitamin C,  bermanfaat memulihkan kesehatan,  kandungan anti oksidan berfungsi sebagai anti virus.

  • Nyalakan pendingin ruangan

Saat kena demam, disarankan untuk tidur  di kamar, kemudian nyalakan pendingin ruangan atau kipas angin. Namun jika tidak ada kipas angina atau AC, pastikan ada etalese jendela, untuk memudahkan udara masuk dalam ruangan.

  • Kompres dengan air

Alternatif lain Anda bisa  mendinginkan badan dengan mengompres menggunakan air. Hindari memakai air es, tapi air biasa dengan suhu ruangan. Kompres pakai handuk kecil yang dibasahi air, kemudian letakan di kening, leher atau ketiak.

Sampai di sini dulu tips ringkas cara mengatasi demam tanpa menggunakan obat. Semoga ada manfaatnya.