jenis olah raga

Tips Jitu Fitnes Sambil Puasa

Puasa bukanlah halangan untuk pergi ke fitness center. Anda bisa tetap rutin fitness meski sedang puasa.  Justru dengan bantuan puasa tidak makan dan minum, membuat tubuh lebih mudah membakar lemak secara optimal. Namun ada sedikit perubahan dan intensitas latihan. Sebab biasanya saat puasa metabolisme tubuh lebih lambat dari pada sebelum puasa.

Berikut ini sedikit tips cerdas  fitness di bulan ramadhan seperti saat ini.

  • Fokus pada peningkatan stamina

Tujuan fitness saat puasa adalah untuk meningkatkan stamina  dan kebugaran. Maka jangan lakukan latihan berat untuk menurunkan berat badan. Hal akan memuat Anda kehilangan banyak energy.

  • Kurangi Intensitas Latihan. 

Melakukan latihan beban justru membuat tubuh menjadi lemas.  Saat puasa sebaiknya hindari latihan angkat  beban dengan bobot yang berat. Apabila ingin tetap ingin latihan beban untuk membentuk otot trisep atau biseb, Anda bisa menggunakan barbell yang ringan saja. Sebaiknya lakukan latihan  ringan saja seperti  push up, sit up  dan sebagainya.

  • Fokus latihan Resistansi.

Dalam kondisi puasa tubuh Anda kehilangan separo pasokan energy. Jadi jangan memaksa latihan kardio. Tapi ganti dengan latihan resistensi saja.   Latihan ini terdiri dari empat sampai lima seksi dan dilakukan beruntun tanpa jeda.  latihan ini secara tak langsung turut menguatkan jantung dan otot.

  • Kurangi waktu latihan

Jangan memaksa latihan dengan durasi waktu reguler. Selama puasa sebaiknya waktu lebih singkat dari sebelumnya.  Idealnya   cukup satu 60 menit saja atau kurang dari itu.  Sebaliknya memaksa diri latihan fitness dengan waktu yang lama justru membuat badan menjadi dehidrasi, otot mudah kram dan sebagainya.

Sekian dulu informasi singkat tentang fitness saat menjalankan ibadah puasa.  semoga ada faedahnya dan selamat menjalankan ibadah ramadhan di bulan yang penuh berkah ini.