Categories
Tips Sehat

Tips Diet Sehat Saat Puasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam, dimana  Allah SWT menjanjikan limpahan pahala dan rahmat bagi umat yang menjalani ibadah puasa dan meningkatkan ibadahnya.   Sebenarnya berpuasa merupakah diet,  sebab selama  satu bulan penuh tidak makan dan minum dari subuh hingga terbenamnya matahari di ufuk barat merupakan tantangan tersendiri.

Namun bagi yang biasa berdiet  menjalankan puasa selama sebulan penuh bukan sesuatu yang memberatkan.  Namun menjaga tubuh tetap bugar dan sehat  perlu sedikit tips khusus.  Salah satunya memperhatikan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka puasa.

Manfaat Puasa

Puasa bukanlah halangan untuk tidak melalukan aktifitas. Justru berpuasa membuat tubuh kita tambah sehat. Sebab selama puasa, kita memberikan jeda kepada organ pencernaan untuk beristirahat sejenak. Selama masa rehat, organ –organ dalam melakukan proses regenerasi jaringan rusak dengan sel baru.

Selain itu puasa juga  sebagai detoksifikasi alami, di mana  proses pengeluaran racun dari dalam tubuh berlangsung lancar.

Tips Diet Sehat Saat  Puasa

Agar diet selama puasa tetap berjalan lancar ada bebarapa tips yang musti Anda perhatikan. Berikut sejumlah point penting yang mungkin berguna bagi Anda.

  • Atur jadwal makan selama bulan puasa

Langkah pertama atur jadwal makan, yang awalnya sarapan pagi biasanya pukul 6 :30. Saat puasa diubah menjadi 03:30. Serta berbuka pukul 17:35.  Sebaiknya agar tubuh tetap menerima asupan nutrisi cukup, di malam hari jadwal makan menjadi dua kali. Setelah berbuka puasa dan diulangi lagi pada pukul 20 : 30.

  • Tingkatkan asupan gizi

Tingkatnya juga asupan gizi saat santap sahur dan makan malam. Perbanyak makanan mengandung vitamin B komplek, vitamin C. Sementara untuk sahur sebaiknya harus tetap ada asupan karbohidrat untuk cadangan energy selama aktivitas di siang hari.  Setelah sahur diharapkan jangan langsung tidur, agar lambung tidak kesulitan mencerna.

  • Saat buka awali makanan manis

Saat berbuka awali dengan makanan dan minuman manis.  Sebab manfaat zat gula bermanfaat mempercepat memulihkan energy.  Kemudian selang satu jam kemudian bisa langsung menyantap makanan utama.

Di malam hari juga perbanyak minum air putih guna mengembalikan kesegaran tubuh, dan menghindari dehidrasi.   Demikian sekilas tetang tips diet sehat saat  puasa.