Categories
Diet

Tips Diet Ringan Untuk Pemula

Ada beberapa cara mudah diet ringan untuk pemula, yang bisa Anda coba.  Memang mengawali sebuah program diet  rasanya sangat memberatkan dan perlu tekad dan niat bulat untuk menjaga kesehatan.   Melakukan diet tidak semata –mata tujuannya untuk mengurangi berat badan yang berlebihan.   Diet merupakan jalan hidup sehat, mencegah dari penyakit berat.

Terkadang dokter menganjurkan kepada pasiennya guna mencoba diet ringan untuk pemula pasca sakit demi mempecepat kesembuhan atau mencegah penyakitnya kambuh.  Beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah dengan melakukan diet antara lain hipertensi, diabetes, hepatitis B.  Diskiripsi ringkasnya diet merupakan proses terapi mempercepat penyembuhan atau pemulihan kesehatan, tanpa harus mengonsumsi obat – obatan.

Tips Diet Ringan Untuk Pemula

Sangat sulit merubah sesuatu secara instant, semua harus dilalui dengan proses yang panjang dan perlu waktu.  Di sini Anda hanya perlu komitmen jelas untuk merubah mindset Anda menjadi peduli terhadap kesehatan diri. Berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang tahapan awal berdiet agar tidak terasa berat jadinya.

  • Hindari makan manis

Menyantap makanan dan minuman manis sudah menjadi kebiasaan sehari –hari terkadang ada orang yang adiktif dan sulit meninggalkan makanan tersebut. Namun dibalik itu ternyata makanan dan minuman manis merupakan sumber penyakit degenerative  jika dikonsumsi dalam jangka panjang.  Maka dari itu kurangi makanan manis secara bertahap.  Biasanya minum softdrink ganti dengan jus buah atau minum air putih saja.

  • Gemari makan sayuran

Diet tak lepas dengan pola makan sehat, selanjutnya gemari makan sayuran  hijau.  Masukan sayuran dalam menu makan Anda dalam satu pekan.   Menyantap sayuran bermanfaat mengurangi kolesterol jahat, melancarkan proses pencernaan dan BAB.   Selain itu juga menjaga kesehatan tulang dan menambah darah.

  • Kurangi porsi karbohidrat

Kegemukan  atau obesitas dikarenakan kita terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Sisa kalori yang tidak dipakai akan ditimbun menjadi lemak di jaringan kulit.  Lemak ini yang membuat kegemukan dan kolesterol.

  • Paksakan diri berolahraga

Agar badan tetap sehat dan fit sepanjang hari, biasakan berolahraga setiap pagi. Misalnya untuk pemula bisa jalan pagi, jogging atau lompat tali.

Sampai disini dulu penjelasan singkat tips diet ringan untuk pemula.  Harapan tulisan sederhana bisa membangkitkan kesadaran Anda menjaga kesehatan.