Categories
Diet

Tips Aman Diet Ibu Hamil

Ibu hamil lazimnya mengalami kenaikan berat badan signifikant selama masa mengandung dan menyusui. Kejadian ini adalah hal biasa selama masa kehamilan. Karena calon ibu diwajibkan mengonsumsi banyak makanan bernutrisi tinggi, guna memenuhi asupan makanan bagi bayi yang dikandungnya.

Rata-rata kenaikan berat badan selama hamil antara 12 kg – 15 kg.  Disarankan selama mengandung, bumil  tetap menjaga pola makan dan jangan terlalu berlebihan agar tubuh tidak terlalu gemuk.  Justru tubuh yang terlalu gemuk sangat berbahaya

Namun ketika Anda mendapati berat badannya over weight, sebaiknya melakukan diet. Terlalu gemuk saat hamil tidak baik bagi janin maupun ibu hamil sendiri.   Berat badan berlebihan memicu resiko terkena diabetes, dan hipertensi bagi ibu hamil. Sementara bagi janin yang ada dikandungan bisa terkena obesitas.

Dianjurkan ketika mendapat tubuhnya terlalu gemuk, sebaiknya lekas diet. Tapi diet untuk ibu hamil berbeda dengan kebanyakan diet. Tetap harus banyak mengonsumsi makanan tertentu saja.

Tips  diet ibu hamil  

  • Makan makanan sumber protein

Perbanyak makan makanan mengandung protein nabati maupun hewani.  Seperti tempe, tahu, telur ikan dan daging ayam  dan daging sapi.  Protein bermanfaat membantu pertumbuhan janin.

  • Pilih makanan berserat tinggi

 Biasakan mengonsumsi sayuran hijau dalam menu makanan. Sayuran mengandung  serat tinggi, mineral kalsium dan  vitamin.  Manfaat sayuran membantu meningkatkan stamina ibu hamil, agar tidak mudah sakit dan capek.

  • Konsumsi makanan mengandung Omega 3 & Asam Folat

Biasakan juga mengonsumi ikan laut, atau ikan air tawar serta telur dalam porsi yang wajar.  Makanan tersebut mengandung omega 3 dan asam folat yang baik untuk pertumbuhan otak, dan mencerdaskan  bayi.  Fungsi asam folat untuk memacu pertumbuhan tulang, gigi dan tulang belakang.

  • Hindari makanan berlemak tinggi

Hindari menyantap makanan berlemak, goreng – gorengan  ganti dengan makanan yang direbus agar lebih sehat dan mengurangi kadar kolesterol.

Kurangi menyantap makanan terlalu manis, makanan instant dan snack yang mengandung bahan perasa instant.  Menyantap buah-buahan lebih baik dari sekedar mengemil makanan instan.