Categories
Tips Sehat

Tingkatkan Kesehatan Di Musim Hujan

Memasuki pertengahan musim hujan, identik dengan gangguan kesehatan.  Sebab setiap hari turun hujam, dan terkadang untuk daerah dataran rendah, sering dilanda banjir.  Cuaca yang tidak bersahabat ini bisa menjadi malapetaka bagi mereka imunitasnya rendah.   Ada banyak penyakit yang kerap menyerang di musim ini, seperti flue, diare, demam berdarah dan yang paling berbahaya adalah leptospirosis penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Ketika musim hujan tiba disarankan untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin,  dengan mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang. Serta mengatur pola hidup sehat. Dengan demikian kekebalan tubuh akan semakin baik, sehingga tidak gampang sakit.

  • Konsumsi suplemen tambahan

Apabila beban kerja Anda meningkat di musim penghujan, sebaiknya ditunjungan dengan mengonsumsi suplemen tambahan.  Tujuannya untuk menjaga stamina agar tetap bugar sepanjang hari, tidak gampang terinfeksi bakteri dan sebagainya.

  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Agar tidak mudah sakit, pastikan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Seperti mandi sehari dua kali.  Kemudian rutin membersihkan tempat tinggal.  Lantai bersihkan dengan cairan disfektant.

  • Pastikan peralatan makan dan bahan makanan harus higenis

Cuci bersih semua peralatan makanan setelah dipakai atau sebelum dipakai. Cuci dengan sabun yang mengandung disfektant.  Demikian pula dengan bahan makanan sebelum dimasa harus cuci bersih dengan air mengalir.  Makanan yang tidak higenis bisa memicu gangguan kesehatan seperti diare, hepatitis A dan keracunan.

  • Gunakan pakaian hangat

Gunakan pakaian hangat untuk mengusir hawa dingin dan lembab.  Pilih pakaian dari bahan katun karena efektif menangkal suhu dingin dan tidak membuat kulit iritasi.  Apabila baju Anda basah karena kehujanan, segera ganti dengan baju yang kering.  Pastikan ketika berangkat kerja, membawa satu stel baju ganti.

  • Hindari terlalu sering kehujanan

Jangan terlalu sering terpapar air hujan.  Pasalnya terlalu sering kehujanan sangat rentan terhadap gangguan kesehatan.  Karena tubuh dipaksa bekerja keras menjaga suhu badan agar tetap stabil dan hangat.  Apabila akan bepergian bawa payung, atau gunakan mantel saat mengendari sepeda motor.  Tapi ketika hujan semakin deras, sebaiknya berteduh di tempat kering, menunggu hujan reda.