Categories
Tips Sehat

Tiga Langkah Cegah Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Hingga saat ini pemerintah belum mampu menurunkan angka kematian akibat serangan jantung. Mengapa? Pasalnya kasus ini sulit terdeteksi sifatnya membunuh dalam diam.

Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat yang dilakukan dalam jangka waktu lama. Memang sulit penyakit ini sulit dideteksi, karena si pengidap tidak merasa ada gangguan pada jantungnya.  Merasa dirinya tetap bugar, tapi pada pembuluh darahnya, ternyata banyak tumpukan plak yang menyumbat jalan darah menuju jantung.  Ketika sumbatan semakin menyempit, mengakibatkan detak jantung semakin kencang. Jika sudah demikian, pengidap bisa terkena serangan jantung, kapan saja dan di mana saja.

Tips sehat cegah jantung koroner

Maka dari itu sebaiknya sedari dini sudah harus timbul kesadaran dalam diri  kita untuk merawat dan memperhatikan kesehatan jantung dan keseluruhannya. Caranya melakukan pencegahan cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak dari pada mengobatinya. Intinya hanya mengubah gaya hidup sehat, meninggalkan kebiasaan yang merusak jantung seperti merokok, memakan makanan berlemak dan sebagainya.

Berikut ini sekilas tips singkat mencegah jantung koroner  dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi.

  • Minum teh hijau secara teratur

Green tea atau teh hijau kaya akan kandungan antioksidan  yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol LDL. Di mana kolesterol menyebabkan penumpukan plak di pembuluh arteri.   Fungsi antioksidan ini juga dapat mengikat lemak, dan meluruhkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia.

  • Konsumsi makanan berserat tinggi

Pilih menu makanan yang mengandung banyak serat. Biasanya terdapat pada sayuran hijau, agar –agar, buah –buahan.  Demikian pula asupan karbohidrat  lebih baik cari yang kandungan serat tinggi seperti gandum, dan jagung.  Nutrisi ini diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan proses pencernaan, meluruhkan lemak dan menghindari sembelit.

  • Bakar kalori dengan olahraga

Olahraga merupakan terapi ringan dan murah, untuk menyehatkan jantung.  Selain itu dengan olahraga tubuh dapat dengan cepat membakar kalori, dan mengurangi kegemukan.  Biasakan rutin olahraga di pagi hari seperti lari, badminton, dan renang atau fitness.

Demikianlah sekilas informasi tentang tips bagaimana cara mencegah jantung koroner  dengan cara yang paling gampang dan murah.