Categories
Tips Sehat

Tentang Penyakit Maag, Waspadai Penyebab dan Gejalanya

Diet yang terlampau ketat  ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan, maag merupakan salah satu penyakit yang mengintai dibaliknya.  Penyakit maag bukanlah  gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri melainkan, karena gangguan metabolisme lambung akibat kurang makan.

Istilah medis maag  adalah gastritis,  merupakan penyakit yang menyerang lambung karena dipicu oleh beberapa sebab seperti peradangan, naiknya asam lambung, dan ada terdapat luka dinding lambung.  Kondisi ini menyebabkan rasa perih yang amat sangat  di sekitar perut.

Dua jenis maag  :

Secara umum penyakit ini dibedakan menjadi dua jenis yakni gastritis akut dan gastritis kronis. Kedua masing –masing memiliki karakter dan tingkat kerusakan yang berbeda.  Namun yang pasti keduanya sama-sama sudah masuk dalam kategori yang parah dan sulit di sembuhkan seperti sedia kala.

  • Gastritis Akut

Merupakan maag merupakan kondisi inflamsi pada lambung yang terjadi dalam jangka waktu lama. Disertai dengan gejala  naiknya suhu tubuh, perih, mual dan muntah.

 Gastritis kronis

Grastis kronis merupakan keadaan gangguan lambuh yang jauh lebih parah dan sifatnya destruktif menyebabkan gangguan fungsi organ dalam lainnya. Untuk pengobatannya dibutuhkan penangan medis khusus dan terapi  dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab umum maag

Penyakit maag bisa diidap siapa saja, tak mengenal gender dan usia. Penyakit kebanyakan disebabkan karena penderita tidak mematuhi pola hidup sehat. Seperti telat makan,  atau terlalu mengonsumsi makanan dengan porsi banyak saat perut lapar.  Selain itu juga faktor penggunaan obat –obatan medis dalam jangka watu yang lama.

Pemicu lain adalah kebiasaan menahan rasa lapar dengan hanya minum segelas kopi.  Atau juga terlalu banyak mengonsumsi kopi dalam sehari.  Pasalnya kandungan asam dalam kopi justru memicu naiknya asam lambung terlalu banyak. Sehingga menyebabkan rasa perih dan mual.

Cara pencegahan dan pengobatan maag

Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit maag, yakni dengan meminum obat jenis antasida.  Obat ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung.  Namun bagi penderita maag akut dan kronis harus menggunakan obat –obatan yang dianjurkan oleh dokter.

Sedangkan cara pencegahan agar penyakit perut ini tidak mudah kambuh adalah mematuhi jadwal makan. Tidak boleh menunda waktu makan, dan jaga porsi makanan dan harus bergisi.

Hentikan kebiasaan minum kopi terlalu banyak, idealnya sehari hanya dua gelas saja. Demikian pula hentikan juga kebiasaan minum minuman soda dan mengandung alcohol.