Categories
Tips Sehat

Tanda –tanda tubuh dehidrasi tanpa Anda merasa haus

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh kekurangan cairan.  Dimana cairan keluar banyak karena sejumlah sebab seperti olahraga berat, diare atau kurang minum.  Dianjurkan setelah berolahraga  atau ketika dahaga sebaiknya langsung minum air.

Namun tak selamanya gejala dehidrasi ditandai dengan rasa haus. Tidak merasakan haus kerap terjadi ketika kita berada di daerah berhawa dingin, di mana  tubuh jangan mengeluarkan keringat.   Padahal  tidak haus tak berarti tubuh kecukupan cairan elektrolit.  Padahal setiap hari setidaknya tubuh memerlukan asupan air sebanyak dua liter guna mendukung sistem metabolisme.

Tanda  dehidrasi yang tak pernah Anda sadari

Berikut ini tanda –tanda awam dimana tubuh kekurangan cairan tanpa didahului dengan rasa dahaga.

  • Merasa cepat letih

Gejala awal yang bisa dikenali adalah badan cepat lelah. selain itu pada persendian lutut dan tangan terasa ngilu.

  • Jarang kencing

Indikator tubuh yang sehat, intensitas kencing dalam sehari kira-kira 5 – 7 kali.  Jika kurang dari itu menunjukan ada kelainan dan kemungkinan mengalami dehidrasi ringan.

  • Warna urin menjadi keruh

Tanda visual lainnya adalah warna urin menjadi keruh dan pekat. Selain itu baunya sangat pesing,   kondisi tersebut tanda tubuh sangat kekurangan cairan, sehingga urin yang dikeluarkan sedikit. Jika Anda menyadari gejala tersebut segeralah minum air putihn sebanyak –banyaknya.

  • Sulit konsentrasi

Gejala lain yang dirasakan adalah mendadak sulit konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Kehilangan fokus dan mudah ngantuk.  Mengapa demikian, karena otak kekurangan pasokan oksigen, akibat aliran darah menuju organ pusat pengendali terganggu.

  • Merasa lapar

Dehidrasi mengakibatkan tubuh mengalami gangguan metabolisme, salah satunya merasa cepat lapar, padahal baru saja makan.  perasaan lapar ini disebut lapar semu dan akan hilang apabila diatasi dengan minum segelas air.

Sekian  dulu informasi ringkas tentang tanda –tanda dehidrasi yang  tidak pernah Anda sadari. Pada artikel lain sudah diulas tentang  tips mengatasi kekurangan cairan elektrolit secara tepat dan sederhana.