Categories
Tips Sehat

Tak Semua Penyakit Perlu Antibiotik

Selama ini obat antibiotic diyakini dapat menyembuhkan semua penyakit, sehingga kerap dipakai untuk obat pelengkap mengobati penyakit apa pun termasuk penyakit ringan seperti flue dan sebagainya. Padahal sebenarnya antibiotic dipakai hanya untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sedangkan penyakit ringan yang disebabkan oleh virus bisa disembuhkan sendiri dengan kekebalan tubuh / imunitas secara alami.

Apabila Anda kerap minum obat antibiotic secara berlebihan tanpa ada takaran yang tepat, efeknya justru membuat kuman  lebih kebal terhadap antibiotic. Sehingga penyakit sulit disembuhkan. Untuk membunuh semua kuman dokter terpaksa harus meningkatkan dosis antibiotic diatas rata  -rata.

Berikut ini penyakit ringan yang tak perlu diobati dengan anti biotik.

  • Diare

Diare merupakan bentuk dari reaksi organ pencernaan menolak racun atau virus yang masuk melalui makanan dan minuman. Penderita yang terkena diare dikenali dengan seringnya buang air besar, fesesnya cair dan muntah –muntah.

Langkah cepat meredakan penyakit ini yakni dengan banyak –banyak memberi minuman dan larutan oralit untuk mengganti cairan yang hilang.   Kemudian berikan obat diare untuk menghentikan BAB.

  • Batuk pilek

Batuk pilek termasuk penyakit ringan yang dapat menyerang siapa saja. ciri –ciri penyakit ini mudah dikenali yakni batuk berdahak terus menerus, dan sertai dengan pilek. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus influenza, dan mudah sekali menular, melalui udara.

Sebenarnya batuk pilek dapat sembuh dengan sendirinya, seiring meningkatnya kekebalan tubuh menangkal virus.  Agar batuk pilek cepat hilang  bisa dengan memperbanyak makan buah –buahan segar yang mengandung vitamin C.

  • Radang tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan bentuk iritasi  yang terjadi di mulut dan tengggorakan. Penyakit ini disebabkan oleh pola makan yang salah. Misalnya terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak, pedas, terkena paparan asap rokok dan sebagainya. Penyakit ini bisa sembuh sendiri tanpa diobati, tapi tergantung dengan kwalitas kekebalan tubuh.

  • Sariawan

Sariawan adalah sejenis luka yang terdapat pada mulut dan lidah. Penyakit ini disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C, sehingga mulut mudah terluka dan berdarah.   Untuk mengobati perlu diperbanyak asupan vitamin C dosis tinggi.