manfaat kopi

Tak Selamanya Kopi Itu Buruk, Ini Fakta 5 Manfaatnya

Minum kopi identik dengan gaya hidup tidak sehat. Tapi itu jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang.  Kopi memang banyak mengandung kafein, zat beracun ini dapat merusak fungsi jantung, dan syaraf apabila mengendap terlalu banyak di dalam darah.  Selain itu kafein juga menyebabkan kecanduan terhadap kopi.

Namun berbeda jika minuman ini di konsumsi dengan  takaran yang tepat, ternyata  bermanfaat untuk menjaga kesehatan.  Zat kafein yang terkandung dalam kopi jika dikonsumsi dalam batas normal turut membantu menurunkan berat badan dan mencegah penyakit berbahaya.

Lima  Fakta Manfaat Kopi untuk kesehatan

Kopi ternyata mengandung berbagai jenis nutrisi, antara lain vitamin B2 / ribovlafin, mangan, kalsium, magnesium, niacin dan sejumlah mineral lainnya.  Semua nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan  manusia.

  • Menurunkan resiko Alzheimer dan Parkinson

Menurut hasil penelitian ahli syaraf, mengatakan bahwa kopi ternyata beperan menurunkan resiko Alzheimer hingga 30%.  Sementara peminum kopi juga dipercayai memilik resiko lebih rendah terkena Parkinson, gangguan fungsi syaraf.

  • Menambah stamina

Minuman yang berasal dari bubuk biji kopi ini mengandung kafein yang merangsang kinerja syaraf untuk meningkatkan kapasitas energy.  Kafein merangsang otak untuk memproduksi epinefrin / hormone andrenalin dalam darah.   Sehingga menimbulkan rasa bergairah untuk bekerja maupun melakukan aktifitas fisik.

  • Mencegah kantuk pada pagi hari

Minum secangkir kopi setelah sarapan cukup efektif mencegah kantuk di pagi hari. Kandungan kafein pada kopi turut melancarkan peredaran darah dan oksigen ke dalam otak.

  • Menenangkan pikiran

Kopi juga efektif meredakan stress dan mengontrol emosi.  Minum secangkir kopi panas sepulang kerja, dapat merangsang otak memproduksi hormone sorotine lebih banyak. Sehingga setelah minum kopi terasa lebih tenang dan rileks.

  • Mambantu membakar lemak

Kopi juga efektif mendukung program diet menurunkan kelebihan berat badan. Kandungan kafein terbukti dapat membakar lemak 10 – 20%. Selain itu minuman ini juga dapat menekan rasa lapar yang cukup panjang. Dengan demikian juga keinginan untuk ngemil bisa dicegah.

Demikianlah sekilas tentang penjelasan lima fakta manfaat kopi untuk menjaga kesehatan.