Categories
Minuman Sehat

Serealia Sumber Karbohidrat Alternatif

Selama ini masyarakat Indonesia menyantap nasi sebagai makanan utama  sumber karbohidrat. Sementara jagung dan ketala sebagai makanan opsi kedua saja. tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak sumber alternatif asupan karbohidrat selain nasi.

Serealia  dikenal sebagai bahan makanan sumber karbohidrat,  Vitamin E, Vitamin B Komplek serat alami dan mineral. Namun  bahan makanan jenis ini belum dimanfaatkan secara optimal, apalagi dipakai sebagai sumber makanan utama.  Misalnya gandum selama ini dipakai sbagai bahan utama untuk membuat roti dan mie.

Macam –macam Serealia Sumber Karbohidrat  

Ada beberapa jenis tumbuh – tumbuhan yang masuk dalam kategori serelia atau padi-padian. Tanaman semusim ini mengeluarkan bulir –bulir kecil( grimaea), sebagai sumber karbohidrat / pati.  Berikut ini ada empat jenis tanaman serealia  yang bisa dijadikan sumber karbohidrat:

  • Gandum

Gandum merupakan serealia yang dibudidayakan secara luas dan massif.  Bahan makanan ini kaya akan kandungan karbohidrat, dan serat.  Jumlah karbohidrat 60% – 80%, protein 6% – 17%, lemak 1.5% – 2.0%, mineral 1.5% – 2.0%  serta vitamin lain.

  • Sorgum

Sorgum merupakan sumber karbohidrat alternatif yang dibudidayakan untuk keperluan bahan makanan maupun pakan ternak. Tanamannya mirip jagung, tapi hanya dapat dibudidayakan di daerah dataran tinggi atau dearah sub tropis.

Biji sorgum terdapat berbagai jenis nutrisi antara lain  protein, kalsium dan kandungan karbohidratnya jauh lebih besar, dibandingkan beras dan jagung

  • Kinoa

Kinoa atau quinoa adalah serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di didataran tinggi Andez, Amerika Selatan. Kinoa dinamakan sebagai serealia semu lantaran buliran-buliran bukan dihasilkan dari padi-padian. Pada daunnya bisa dimakan dengan cara diolah.  Sementara Biji kinoa merupakan sumber karbohidrat, vitamin E dan B komplek. Sementara kadar gula pada sereal ini cukup rendah. Sehingga aman dikonsumsi bagi penderita gula darah.

  • Buckweat

Buckweat merupakan tanaman bulir-buliran, mirip dengan gandum. Tanaman ini dibudidayakan untuk diambil tepungnya.   Tepung buckwheat dipakai sebagai bahan untuk membuat roti dan pasta.  Kandungan nutrisi buckeweat antara lain setiap 100 gram, terdiri protein 13%, karbohidrat 71%, dan lemak 8 % .