Categories
Tips Sehat

Sebaiknya Pergi Ke Rumah Sakit Jika Menemui 5 Gejala Ini

Stroke merupakan penyakit yang datangnya tidak bisa dideteksi dari awal, tapi secara mendadak langsung menyerang.   Penyakit ini sifatnya merusak otak karena menyebabkan pembuluh darah pecah sehingga menyebabkan pendarahan pada otak. Namun pada serangan stroke pertama biasanya terjadi penyumbatan pada pembuluh darah di sekitar otak.  Penyumbatan ini disebabkan adanya penumpukan plak yang menempel di dinding arteri.

Terkadang  kita tak menyadari bahwa pola hidup tak sehat ternyata mengundang ancaman bahaya sangat serius.   Seperti contohnya terlalu sering menyantap makanan yang mengandung kolesterol seperti gorengan, makanan berlemak, dan makanan  instant. Serta kebiasaan merokok dan minum kopi.  Kebiasaan jelek ini meningkatkan resiko serangan stroke dan merusak fungsi kardiovaskuler.

Sebaiknya Pergi Ke Rumah Sakit, Jika Menemui  5 Gejala Ini

Jika Anda merasakan lima gejala yang tertera di bawah ini, jangan tunda untuk pergi kerumah sakit. Karena gejala tersebut merupakan tanda serangan stroke. Berikut ini lima gejala awal serangan stroke ringan yang patut di waspadai  :

  • Lemah pada separo badan

Mendadak merasa lemah pada sebagian badan, seperti tangan dan kaki. Tidak kuat memegang gelas, atau kaki tidak mampu diayunkan.  Selain itu juga kalau jalan tiba –tiba kaki diseret karena otot tidak mampu digerakan.

  • Sulit berbicara

Mendadak sulit berbicara dan kehilangan fokus. Selain itu apabila berbicara jadi cadel kesulitan memahami pembiacaran orang lain atau bisa juga jadi linglung tak sadar lingkunga / disorientasi.  Jika mengalami kejadian ini, segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk segara di rawat agar kerusakan syarat tidak permanen.

  • Sakit kepala

Gejala lain yang terkadang membuat kita terpedaya adalah, terasa pusing yang teramat sakit. Orang awam mengira bahwa sedang terkena vertigo atau migraine.   Padahal gejala ini merupakan awal dari serangan stroke ringan.

  • Gangguan visual

Tanda –tanda lain adalah gangguan penglihatan, mata jadi rabun, kesulitan mengenali orang –orang terdekat. Kondisi ini disebabkana syaraf mata dan otot mengalami gangguan sehingga kita sulit untuk fokus pada objek.

  • Tidak sadarkan diri

Ada juga serangan stroke yang berat ditandai dengan pingsan atau tidak sadarkan diri. Hal ini terjadi karena ada syaraf yang pecah sehingga gumpalan darah menekan otak dan susunan syaraf lainnya. Jika Anda merasakan salah satu dari lima gejala tersebut segera pergi ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut agar kerusakan syaraf tidak meluas.

Sekian dulu tentang  artikel Sebaiknya Pergi Ke Rumah Sakit Jika Menemui  5 Gejala Ini.