manfaat pisang

Pisang Ternyata Bisa Mencegah Kanker

Menurut hasil penelitian medis dari Cancer Research Institute of Chinese Academy of Medical Sciences  ternyata pisang mengandung senyawa anti karsinogen, bibit pencetus kanker atau sebagai anti kanker.   Selain itu juga menahan terjadinya penyebaran sel abnormal pada jaringan tubuh yang biasa terjadi pada proses pembentukan sel kanker.  Hasil penelitian tim medis menemukan tiga zat aktif yakni :  aflatoksin B1, 4-nitroquinoline-N-oksida, phenylpropionate(a)pyrene.

Zat karsinogen merupakan zat pencetus bibit kanker,  zat ini terjadi karena faktor eksternal seperti kebiasaan merokok, terpapar timbal hitam dari asap pembakaran mesin dan kendaraan bermotor, radiasi zat kimia dan sebagainya.

Sementara menurut pendapat dari Profesor Yamazaki dari Tokyo University menyimpulkan hasil penelitiannya bahwa pisang matang dengan tanda bintik –bintik hitam pada bagian kulitnya  ternyata mengandung senyawa anti kanker TNF lebih banyak. Maka dari itu dianjurkan untuk makan lebih banyak pisang matang, guna mendapat manfaat lebih baik.

Pisang matang berguna meningkatkan kemampuan sel darah merah lima kali lebih kuat dari pisang hijau. Namun mengonsumsinya secara berlebihan tidak akan mengakibatkan naiknya produksi sel darah putih secara massif. Namun peningkatan signifikant akan terjadi secara bertahap.   Menurut pendapat professor Yamazaki, senyawa antibody yang terdapat pada buah tropisi ini menyesuaikan kondisi tubuh.  pisang memiliki aktivasi kekebalan yang relatif ringan, dalam kondisi fisik seseorang yang normal tidak akan membuat kekebalan tubuh berkembang abnormal. Namun sebaliknya pada orang yang sakit, orang yang sudah tua, dan lemah akan sangat efektif dan bekerja maksimal.

Selama ini memang buah tropis ini dikenal sebagai makanan alami penuh nutrisi yang bermanfaat menunjang kesehatan.  Pisang terbilang makanan aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja, karena tidak menimbulkan efek samping apa pun.Rutin mengonsumsi pisang tiga buah sehari, berarti Anda berperan aktif mencegah kanker rahim, lambung, kanker usus dan kanker ginjal.

Sementara makan empat sampai lima pisang matang sehari bisa mencegah terjadi gangguan fungsi ginjal dan penumpukan batu ginjal.  

Sekian dulu ulasan singkat tentang manfaat pisang sebagai terapi antikanker alami.