Categories
Tips Sehat

Pengobatan Vertigo Secara Tradisional

Vertigo merupakan gangguan sakit kepala yang menyebabkan pengidapnya kehilangan keseimbangan, dan merasakan sensasi sekelilingnya berputar –putar. Sehingga pengidap penyakit ini kesulitan berdiri, dan berjalan karena kehilangan keseimbangan tubuh. pada tingkat yang paling parah bisa sampai tak sadarkan diri. Penyakit ini kadang disertai dengan rasa mual, muntah, dan lemas.

Vertigo disebabkan karena ada gangguan syaraf pada bagian dalam telinga tepatnya vestibular neuritis. Pemicunya penyakit ini bisa disebabkan  hipertensi, anemia, dan cidera  kepala dan tumor otak. Faktor stress juga dapat memicu serangan vertigo, karena ketika mental tertekan terjadi gangguan metabolsime tubuh. Penyakit ini bisa menyerang orang dewasa pria maupun wanita.

Bahan alami menyembuhkan vertigo

Penyakit ini ternyata bisa disembuhkan dengan bahan –bahan alami  yang mudah didapatkan. Sebegaimana yang dijelaskan berikut ini :

  • Air perasan lemon

Air perasan lemon yang dicampur sedikit garam ternyata dapat meredakan gejala vertigo yang disertai dengan rasa mual dan pusing.  Air perasan lemon dapat menekan rasa mual, sementara kandungan mineral pada garam berfungsi meredakan pusing.

Cara penyajiannya, ambil satu butir lemon segar, airnya diperas, kemudian diberi sedikit hari hangat dan dicampuri sedikit garam dapur. Lalu aduk sampai rata, dan segera diminumkan.

  • Seledri

Seledri termasuk jenis sayuran yang bermanfaat menyembuhkan sejumlah penyakit, termasuk vertigo.  Cara peracikan, ambil seikat  seledri segar, kemudian dibuat jus dan dicampur air sedikit.  Kemudian disaring, untuk dipisahkan antara air dan ampasnya.  Air perasan daun sledri ini yang diminumkan kepada penderita vertigo.

  • Jahe

Air rebusan jahe ternyata efektif menekan gangguan vertigo yang disertai rasa mual dan muntah.  Jahe berfungsi merangsang produksi enzim sorotin yang membuat rasa tenang.

  • Ginko biloba

Ginko biloba merupakan tanaman yang berkasiat menjaga kesehatan syaraf, serta menyembuhkan serangan vertigo.  Tanaman ini juga dapat menjaga kesehatan otak, melancarkan peredaran darah ke otak  mencegah kepikunan dan penyakit alzeimer.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang pengobatan vertigo secara tradisional. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.