Categories
Tips Sehat

Obat Alami Menurunkan Demam Secara Cepat

Demam merupakan  gejala tubuh sedang melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Tanda –tanda demam sangat mudah dikenali yakni suhu tubuh meningkat dan ketika dipegang terasa hangat. Suhu normal manusia saat sehat rata –rata 33 – 36 drajat, sementara jika demam akan naik menjadi  37 – 39 drajat. Namun jika demam parah bisa meningkat hingga 41 derajat.  Ciri –ciri lain badan terasa lemas, pusing, dan kehilangan nafsu makan.

Ketika demam biasanya diobati dengan obat penurun panas seperti paracetamol. Namun ada juga Obat Alami Menurunkan Demam sebagai pilihan alternatif ketika keadaan darurat.  Sebenarnya jika terkena demam   tidak perlu terlalu dicemaskan, tapi kita harus bisa mengambil langkah bijak untuk mengatasi kondisi ini.

Ada sejumlah cara dan bbat alami menurunkan demam tanpa memakai obat-obatan kimia, dan cara ini direkomendasikan oleh ahli kesehatan.

Obat Alami Menurunkan Demam

Berikut ini sejumlah cara mudah turunkan demam secara alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah :

  • Timun

Timun sejak dulu dijadikan sebagai obat alami menurunkan demam. Sifat timun yang dingin diyakini bisa mentralisir demam. Caranya timun dibuat jus kemudian diminumkan, atau sebelumnya diberi perasan jeruk nipis.   Buah yang masih tergolong satu kerabat dengan timun suri ini juga bermanfaat menurunkan tekanan darah.

  • Bawang putih

Opsi lain adalah dengan bawang putih. Bumbu dapur ini bisa dijadikan obat darurat untuk mengatasi melonjaknya suhu badan di malam hari.  caranya cukup mudah yakni ambil dua siung sedang bawang putih, kemudian ditumbuk halus, campuri dengan minyak goreng. Kemudian dioleskan pada kedua telapak kaki. Fungsi bawang ini membantu membuang hawa panas agar cepat keluar dari pori-pori.

  • Minum Air putih

Cara selanjutnya adalah dengan minum air putih sesering mungkin atau secara berkala. Air putih bermanfaat sebagai internal cooling atau mendinginkan dari dalam. Selain itu juga cara ini berguna menghindari dehidrasi. Selain itu juga bisa dengan cara eksternal yakni menurunkan tempateratur air conditioner / AC di kamar tidur. Suhu ruangan cukup membantu menurunkan demam.

Demikianlah sekilas tentang bagaimana langkat cepat memilih obat alami menurunkan demam.  Semoga artikel ini bermanfaat.