Categories
Tips Sehat

Ngantuk Setelah Fitnes Ini Penyebabnya

Ngantuk setelah fitnes sering terjadi kapan saja. Rasanya sehabis fitness perasaan ingin segera beranjak tidur kembali.  Padahal esensi olahraga adalah agar membuat badan lebih segar dan bersemangat. Jelas kondisi ngantuk setelah berolahraga bisa dikatakan sebagai kontra produktif dari esensi tersebut.  Lantas mengapa kondisi ini terjadi saat di gym center atau di pinggir lapangan tenis misalnya?

Ngantuk Setelah fitnes atau olahraga merupakan tanda –tanda awal bahwa metabolism Anda terganggu. Mungkin karena ada nutrisi yang kurang atau tidak tertutup kemungkinan karena berlatih terlalu berlebihan.

Penyebab ngantuk setelah fitnes

Menurut hasil penuturan dari dokter bahwa rasa ngantuk berat sehabis olahraga karena disebabkan oleh beberapa hal.

  • Kurang asupan energy

Pertama karena kondisi tubuh memang kekurangan nutrisi, atau tidak terpenuhi nutrisi yang cukup. Misalnya porsi makanan sumber karbohidrat sangat kurang. Padahal karbohidrat seperti nasi, jagung, kentang merupakan sumber energy untuk menggerakan otot.

  • Anemia

Penyebab kedua karena mungkin Anda saat terkena anemia.  Salah satu gejala anemia ringan antara lain lesu, mudah ngantuk dan tidak bergairah.  Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan darah merah. Padahal fungsi darah merah adalah sebagai pembawah oksigen keseluruh tubuh dan otak. Apabila anemia kambuh dan dipaksa berolahraga,  otak kekurangan pasokan oksigen, sehingga kita merasa ngantuk.

  • Rendah gula

Ngantuk Setelah Fitness juga bisa disebabkan karena kadar gula dalam darah sangat rendah. Kondisi ini akibat dari kekurangan karbohidrat.

  • Olahraga terlalu berlebihan

Penyebab lain justru karena Anda terlalu over  ketika fitness.  Ketika badan dipaksa untuk melakukan aktivitas melebihi batas kemampuan, tenaga akan cepat terkuras. Demikian pula keringat  keluar begitu derasnya. Tanpa diselingi dengan minum.

Tips mengatasi agar tidak gampang ngantuk saat olahraga

agar rasa kantuk tidak menyerang saat di gymcenter, sebaiknya Anda harus mempersiapkan sebaik mungkin. Salah satunya adalah sebelum olahraga makan makanan yang bergizi,  porsi karbohidrat harus seimbang.

Disarankan minum air putih yang banyak atau minuman isotonic untuk mengembalikan cairan yang hilang ketika olahraga.  Demikianlah sekilas tentang ulasan penyebab ngantuk setelah fitness.