mitos & fakta alpukat

Mitos dan Fakta Seputar Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah paling disukai semua kalangan. Buah tropis ini bisa didapatkan kapan saja, tanpa mengenal musim.  Buah ini sangat lezat bisa dijadikan minuman menyegarkan dan bahan campuran untuk membuat berbagai jenis makanan.  Alpukat juga bisa dipakai untuk bahan masker guna mengencangkan kulit.

Namun  di kalangan masyarakat beredar mitos kurang sedap mengenai alpukat. Mitos terkadang menyesatkan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.  Anggapanya terlalu banyak mengonsumsi alpukat bisa membuat cepat gendut. Padahal kenyatanya tidak seperti itu, sebenarnya buah tropis ini termasuk dalam kelompok super food, berkhasiat.

Justru faktanya mengatakan sebaliknya, menurut hasil penelitian tim medis yang dilansir dari website  healthiestfood mengatakan, bahwa jika ingin menurunkan berat  badan justru disarankan untuk mengonsumsi alpukat.

Daging buah ini memang mengandung kadar lemak tinggi, tapi lemak yang dihasilkan buah ini merupakan lemak tak jenuh, tidak membuat gemuk.  Karakter lemak  ini menghasilkan sensasi rasa kenyang yang cukup lama. Dapat menekan keinginan untuk ngemil. Makanan ini cocok untuk menu diet harian.

Selain itu senyawa  asam oleat dan linoleat  berperan besar menekan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan fiber, berfungsi mengikat kolesterol dan menjaga kesehatan pencernaan. Melancarkan BAB, dan mencegah sembelit.

Rutin menyantap jus alpukat segar tanpa gula selama empat hari berturut-turut bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh. Membuat Anda tidak gampang sakit, karena  alpukat juga diyakini mengandung betakaroten yang berfungise bagai anti radikal bebas.

Mitos lain juga mengatakan bahwa wanita hamil dilarang makan alpukat agar bayinya tidak kegemukan. Jelas mitos tersebut keliru dan sesat.  Justru alpukat sangat baik untuk ibu hamil.  Kandungan asam folat pada alpukat bermanfaat mencegah kecacatan pada janin.  Selain itu nutrisi ini juga membantu pertumbuhan tulang belakang. Kandungan vitamin C  juga bermanfaat menjaga kesehatan ibu hamil, sebagai agen antivirus, menguatkan imunitas tubuh agar tidak mudah sakit.

Demikianlah sekilas informasi tentang mitos dan fakta seputar alpukat.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang pola hidup sehat.