Categories
Tips Sehat

Migrain Pulih Dengan Terapi Ringan

Migrain merupakan gejala sakit kepala  atau pusing yang terjadi hanya pada satu titik saja, bisa dirasakan bagian samping atau depan. Penyakit ini lebih sering menimpa usia dewasa, tapi paling banyak terjadi pada kalangan wanita.   Dengan perbandingan 1 : 5 untuk wanita dan 1 : 15 pada kasus pria.

Kasus awal rasa pusing ini awalnya tidak begitu berat, dan bisa hilang dalam sekejap tanpa perlu diobati. Kondisi ini menurut sebagaian orang dianggap umum, tidak perlu begitu dikwatirkan. Sebab bisa reda dengan sendirinya tanpa perlu diberi obat.  Namun untuk kasus akut, bisa datang kapan saja dan rasa pusing yang dialami berlangsung agak lama.

 Gejala pusing sebelah terkadang diiringi dengan rasa lemas pada lengan, atau sebelah badan.  Pada kasus berat, penderita terkadang kesulitan untuk berbicara, penglihatan kabur dan kesulitan berdiri. Ada juga yang diiringi dengan demam tinggi. Untuk kasus berat seperti diatas, sebaiknya dilarikan ke rumah sakit untuk diberi penanganan medis secepatnya.

Penyebab Migrain

Sampai sekarang belum satu pun hasil penelitian yang menyimpul apa saja penyebab migraine. Namun ada sejumlah pencetus yang diduga menimbulkan  pusing sebelah :

  • Faktor hormonal

Faktor hormonal banyak dikaitkan dengan masa mensturasi pada wanita. Ketika datang bulan terjadi ketidak seimbangan hormone tubuh.  Sehingga memicu pusing dan migraine.

  • Faktor makanan

Terlalu sering mengonsumsi makanan tertentu bisa juga sebagai pemicu migraine. Seperti pada susu sapi, keju, sosis, terkandung senyawa asam animo jenis tiramin  bisa memicu pusing sebelah.

  • Faktor obat –obatan

Pengaruh mengonsumsi obat –obatan medis atau  psikotropi bisa memicu terjadi ketidakseimbangan syaraf otak. Sehingga memicu sakit kepala sebelah secara berkepanjangan.

Cara Tepat Menyembuhkan Migrain  

Pada kasus  sakit separo ringan, bisa disembuhkan dengan terapi ringan tanpa perlu bantuan obat medis.  Berikut ini merupa tips mencegah migrain :

  • Hidup sehat

Hindari faktor –faktor pemicu migraine seperti yang  diatas terutama faktor pencetus eksternal.  Lakukan polah hidup sehat, tidur teratur, konsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Selain itu belajar mengendalikan emosi, dan manajemen stress.

  • Minum jahe hangat

Ketiga migraine kambuh, bisa dipulihkan dengan minum teh jahe hangat.  Manfaat jahe selain menenangkan, juga berfungsi sbagai anti inflamasi bekerja sbagai penghambat munculnya zat pemicu migraine.

  • Terapi pijat ringan di tangan dan pelipis

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemijatan ringan di pelipis, leher, dan bagian tangan, terutama di bagian sela antara ibu jari dan telunjuk.  Pada titik itu terdapat simpul syaraf yang menghubungkan ke otak.