kombucha

Mengungkap manfaat tea kombucha

Belakangan ini teh kombucha mulai naik daun di kalangan masyarakat Indonesia.   Ada banyak alasan kuat mengapa teh  ini disukai, salah satunya adalah kasiat yang terkandung di dalamnya. Berbeda dengan jenis teh lain,  minuman ini bukan terbuat dari daun yang dikeringkan. Melainkan berasal dari sejenis cendawan, yang dinamai kombucha.

Kombucha merupakan jenis jamur yang hanya tumbuh di daerah Asia timur, seperti Jepang, semenanjung korea dan daratan Tiongkok. Selain itu  juga ditemukan di Rusia dan Jerman. Ciri khas cendawan kombucha, yakni berupa serabut putih yang menyerupai membrane halus,  berbentuk bulat pipih.   Jamur kombucha dapat hidup pada campuran larutan nustrisi teh-gula dan bisa tumbuh berkembang  melalui metode germinasi.

Konon minuman ini sudah ada sejak abad 20 dan dikonsumsi oleh masyarakat Jepang, kemudian menyebar ke daratan Tiongkok.  Minuman ini diyakini berkasiat mengatasi gangguan kesehatan.  Dalam  jamur ini terdapat  sejumlah kandungan zat positif yang berguna untuk kesehatan  antara lain   asam glukuronat, asam laktat, vitamin B, asam amino dan antibiotic.

Manfaat jamur kombucha untuk kesehatan

Ahli pengobatan herbal memanfaatkan air dari jamur kambocha untuk mengobati sejumlah penyakit berat.   Asalkan dikonsumsi sesuai dengan takaran,  teh herbal in dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan  menyembuhkan gangguan kesehatan.

  • Mengobati sembelit

Sembelit disebabkan karena tubuh kekurangan asupan serat. Nutrisi ini berfungsi melancarkan proses pencernaan pada usus besar.  Gangguan sembelit bisa diatas dengan minum  Teh kambocha secara teraktur.  sehingga dapat mengurangi rasa nyeri saat BAB.

  • Meluruhkan racun

Kandungan antioksidan teh kambocha cukup tinggi,  berkasiat menangkal radikal bebas dan meluruhkan zat –zat berbahaya keluar dari dalam tubuh.

  • Membentuk metabolisme tubuh

Pada masa pemulihan  setelah sakit parah, dianjurkan minum secangkir teh kabocha, guna mengembalikan metabolisme tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang rahasia manfaat teh kambocha. Semoga artikel ini bisa membuka wawasan tentang kasanah herbal.