Categories
Vitamin

Mengulik Khasiat Bawang Hitam

Black garlic atau lebih dikenal sebagai bawang hitam, belum begitu populer di sini. Tapi khasiatnya patut  diperhitungkan.   Bawang ini lebih banyak dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan dari pada campuran bumbu masak.

Sebenarnya bawang hitam bukanlah dalam arti sebenarnya,  melainkan hasil dari campur tangan manusia.  Dimana bawang putih difermentasikan dengan bantuan peragian. Kemudian disimpan hingga beberapa hari.   Setelah melawati proses ini umbi pada bagian dalam berubah warna menjadi hitam solid. Perubahan warna ini terjadi karena pengaruh enzim maillard dan karamelisasi.

Karakter bawang hitam juga berbeda  yakni lebih kenyal, baunya juga tidak lagi menyengat, lebih lembut dan meninggalkan jejak asam.

Kandungan nutrisi bawang hitam

Meski bawang ini sudah mengalami proses fermentasi cukup lama, tapi tidak mengurangi kadar nutrisinya. Dalam setiap 100 gram bawang hitam terdapat nutrisi seperti : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, saltivine, diallysulfide, mangan, fosfor, mineral dan masih banyak lagi.

  • Mengurangi resiko serangan jantung

Senyawa flavonoid dan polivenol berfungsi sebagai radikal bebas. Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena serangan jantung koroner.  Sementara kandungan alicin dapat mengurangi tumpukan kolesterol LDL dalam pembuluh darah.

  • Mengurangi kadar gula

Bagi penderita diabetes direkomendasikan mencoba mengonsumsi bawang hitam secara teratur. efeknya cukup baik mengontrol kadar gula dalam darah.

  • Sebagai antikanker

Bawang hitam meski telah mengalami proses fermentasi ternyata tidak mengurangi kadar flavonoid nya. Senyawa ini berfungsi sebagai agen antikanker, menangkal pertumbuhan sel kanker, dan menghilangkan zat berbahaya pencetus kanker.

  • Mengurangi jerawat

Satu siung bawang hitam sudah cukup untuk mengobati jerawat dan luka bekas jerawat.  Kandungan antisepticnya dapat membersihkan bekas luka dari kuman penyebab infeksi. Mempercepat proses pengeringan pada luka terbuka.

  • Mencegah kerutan pada wajah

Bawang hitam dari dulu sudah dipercaya dapat mencegah proses penuaan dini / antiaging.   Mengurangi kerutan di sekitar wajah. Serta menjaga kulit agar tetap lembab, menghilangi bekas luka atau flek hitam akibat jerawat.

Cara pemakaiannya sangat mudah, pertama ambil empat siung bawang hitam, lumatkan hingga halus, kemudian diberi dua sendok makan air bersih. Aduk lagi hingga menjadi pasta. Selanjutnya oleskan pada bagian yang  terdapat kerutan di wajah.  Selanjutnya diamkan selama 10 menit, baru dibilas dengan air bersih.