Categories
Tips Sehat

Mengatasi Wajah Berjerawat

Jerawat membandel membuat siapa pun kesal,  selain merusak kulit juga mengganggu penampilan.   Biasanya anak –anak muda sering bermasalah dengan jerawat, pemicunya karena terjadi ketidak seimbangan hormone, sehingga memnyebabkan kulit menjadi sensitive.

Di luar itu sebenarnya ada beberapa pemicu munculnya jerawat yang membendel hingga sulit disembuhkan.  Penyebabnya antara lain karena  adanya penumpukan kotoran yang menempel pada  kulit wajah. Kemudian malas mencuci muka, sehingga memicu iritasi dan sebagainya.

Selain itu juga disebabkan oleh kelainan tubuh sendiri  seperti regenarasi kulit berkembang tidak normal sehingga dapat menimbulkan jerawat.   Kasus ini hanya bisa simbuhkan dengan bantuan dokter.

Tips mengatasi wajah berjerawat

Sebenarnya jerawat bisa disembuhkan dengan bahan alami  -alami yang mudah didapatkan.  Seperti yang dijelaskan berikut ini :

  • Tomat

Tomat segar dipercayai dapat menyembuhkan jerawat dan noda kulit bekas jarawat. Buah ini mengandung nutrisi  yang dibutuhkan untuk kulit seperti vitamin E, dan senyawa antioksidan yang mampu menahan proses penuaan dini.  Cara pemakaiannya, ambil dua butir tomat buah, hancurkan hingga lembut. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah, diamkan sesaat agar nutrisi meresap dalam kulit. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

  • Es batu

Es batu ternyata bisa mengatasi rasa nyeri dan mengempiskan jerawat.    Metode ini sifatnya sebagai pertolongan pertama saja.   Caranya  ambil bongkahan es kemudian masukan dalam kantung plastik.  Tempelkan pada bagian yang terdapat jerawat.

Es batu dapat mengurangi rasa nyeri pada kasus jerawat yang membengkak. Selain itu juga dapat mengecilkan pori –pori akibat bekas luka jerawat.

  • Madu campur perasan lemon

Campuran madu murni dengan air perasan lemon punya manfaat positif mengurangi jerawat dan mengembalikan kulit yang rusak akibat jerawat. Selain itu juga dapat mengecilkan pori –pori.   Caranya ambil satu butir jeruk lemon matang, peras airnya kemudian campur dengan satu sendok makan madu murni. Kemudian aduk hingga rata.  Setelah itu oleskan ke seluruh muka, sbagai masker alami. Diamkan hingga 25 menit, selanjutnya bilas dengan air hangat sampai bersih benar.