oatmeal

Mengapa Anda Disarankan Sarapan Oat Meal

Sarapan Oat Meal setiap pagi sangat dianjurkan untuk mengawali hari Anda dengan penuh vitalitas dan kepercayaan diri tinggi.  Makanan sehat ini  terbuat dari oat, pease dan buliran gandum yang ditumbuk kasar. Cara penyajian sangat cepat, dimana oat meal dicampur dengan  susu hangat kemudian diaduk hingga menyerupai bubur.  Untuk menambah rasa dan variasi bisa ditambah irisan pisang, strawberry, buah kiwi dan masih banyak lagi.

Ahli gizi merekomendasi bagi penderita jantung koroner, pengidap diabetes untuk mengonsumsi makanan sehat ini guna mengontrol kolesterol jahat dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal.   Dari segi nutrisi, makanan sehat ini cukup komplit kandungan gizinya.  Dalam satu porsi oatmeal hangat mengandung serat alami,  karbohidrat, Vitamin B komplek dan berbagai jenis mineral penting.

Sarapan oat meal juga bisa sebagai menu diet setiap hari. Makanan sehat ini berkasiat menahan lapar cukup lama, sehingga menekan keinginan untuk ngemil. Selain itu juga tidak menyebabkan kegemukan karena kadar lemak sangat rendah.

Manfaat Sarapan Oat Meal 

Inilah alasan kuat mngapa setiap pagi Anda disarankan sarapan oat meal, sebab makanan ini berfungsi menjaga kesehatan :

  • Menjaga kesehatan jantung

Makanan ini bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Kandungan Avenanthramides  bisa mencegah terjadinya pengerasan  dinding pembuluh arteries pada jantung.    Selain itu juga bermanfaat mencegah Ateroskleorosis atau penyumbatan plak di arteries.

  • Mengurangi kadar kolesterol LDL

Kandungan serat tinggi pada semangkuk oatmeal efektif menekan kadar LDL atau kolesterol jahat. Sehingga aman bagi penderita hipertensi dan gula darah.

  • Meningkatkan imunitas

Makanan alami terbuat dari oat kering ini juga mengandung antioksidan tinggi. Jika dikombinasikan dengan buah –buahan segar sumber vitamin C. Menjadi makanan efektif  meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Agen penghambat kanker payudara

Peneliti di bidang kanker merekomendasikan untuk memakan oat meal setiap hari, karena diyakini bisa menekan resiko terkena kanker payudara. Serat tidak larut dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen yang merupakan racun menyebabkan bibit penyebab kanker,  dan mereduksi kadar estrogen, sehingga melindungi tubuh dari penyakit kanker payudara.

Demikianlah sekilas tentang  manfaat sarapan oat meal. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda di bidang kesehatan.