gejala kolesterol

Mencermati Gejala Kolesterol Agar Terhindar Dari Penyakit Berbahaya

Selama ini kita awam dengan gejala kolesterol jahat yang kerap menyerang siapa pun.  Sebenarnya dalam darah manusia, terdapat dua jenis kolesterol yang sifatnya berbeda. kolesterol baik / High-Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat / Low density lipoprotein  (LDL) .  Jenis yang terakhir ini patut diwaspadai dan dikendalikan agar tidak memicu penyakit degeneratif.

Gejala kolesterol

Mencermati gejala kolesterol sebenarnya tidak mudah, karena kolesterol terdapat dalam darah,  dan larut mengikuti aliran darah ke seluruh tubuh.  Untuk mengetahui seberapa banyak kandungan kolesterol jahat / LDL.

Namun untuk gejala awal biasanya dirasakan dengan mendeteksi secara sederhana seperti di bawah ini :

  • Berat badan bertambah

Gejala pertama Anda bisa  memeriksa berat badan melalui timbangan. Jika mendapati barat badan naik drastis itulah tanda awal Anda tengah menimbun kolesterol.

  • Terdapat timbunan lemak di pinggang dan perut

Cara kedua cubit bagian pinggang Anda dengan dua jari.  Apabila kelebihan berat badan akan terasa timbunan lemak begitu banyak di bagian pinggang.

  • Leher sering terasa kaku.

Bagi yang mengidap hipertensi gejala leher sering kaku sering dirasakan. Selain itu juga disertai dengan pusing kepala dan emosinya mudah terpancing atau gampang marah / temperamental.

  • Gerakan terasa lamban

Gejala  berikutnya adalah gerakan tubuh tidak gesit, lamban, dan mudah lelah dan cepat ngantuk di siang hari.

Jika Anda merasakan gejala –gejala tersebut, kemungkinan besar Anda mengalami kelebihan kolesterol jahat.  Segeralah  melakukan langkah cepat untuk mereduksi jumlah kolesterol jahat.

Cara paling ampuh mereduksi kolesterol jahat  adalah mengubah pola makan. Stop makanan berlemak ganti dengan menyantap sayuran dan buah –buahan. Terutama sayuran hijau yang mengandung serat tinggi, bermanfaat mengurangi kadar kolesterol jahat / LDL dalam darah.

 Jangan malas pergi ke fitness center minimal dua minggu sekali, atau kalau tidak rutin  jogging di pagi hari selama 30 menit.  Hentikan juga kebiasaan buruk  seperti merokok, minum minuman keras, soft drink dan kopi.