Categories
Diet

Mari Mencoba Diet DASH Agar Tubuh Sehat Bebas Hipertensi

Diet DASH berkaitan erat dengan cara pengendalian penyakit hipertensi agar tidak mudah kambuh. Diet  jenis ini dirancang oleh dokter dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsinya. Mungkin Anda masih bingung mengenai diet dash dan apa bedanya dengan diet yang lain.

Diet DASH sebenarnya dirancang untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan menerapkan pola makanan teratur, dan menghindari makanan pencetus naiknya tekanan darah. Selain itu juga bertujuan untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas.

Hipertensi merupakan penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini timbul karena gaya hidup yang tidak sehat. Selebihnya faktor keturunan atau faktor genetic dari orang tuanya.  Penyakit  hipertensi atau istilah awam tekanan darah tinggi, sebenarnya bisa dikendalikan agar tidak mudah kambuh, dengan mematuhi pola hidup sehat saja.

Ada banyak penderita hipertensi yang panjang umur dan hidup sehat, kunci rahasianya  selalu hidup sehat dan gemar berolahraga.

Langkah Melakukan  Diet DASH

Diet ini  sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Penekanannya diet jenis ini ada adalah mengurangi  makanan yang garam atau sodium.   Sebab garam adalah pencetus utama hipertensi. Selain itu mengurangi makanan yang diberi bumbu penyedap insant seperti MSG.

Selebihnya melakukan pola makan sehat dengan memperbanyak makan sayuran, buah – buahan dan banyak berolah raga secara rutin.  Ganti kebiasaan minum kopi dengan susu rendah lemak.

Selain itu hindari faktor pencetus lainnya seperti berhenti merokok, kurangi konsumsi kopi, hindari minum minuman keras.

Hindari juga makanan berlemak, seperti daging kambing, jeroan, daging sapi, makanan instant dan cepat saji atau fast food.

Diet DASH tak hanya diterapkan bagi penderita hipertensi saja. Mereka yang tak punya penyakit tersebut juga bisa mencoba diet ini untuk menjaga kondisi tubuh.  Sebab diet ini cocok diterapkan bagi semua orang.  Diet ini juga bisa dipakai untuk mengontrol berat badan, menghindari kegemukan. Sejatinya diet itu adalah cara paling aman agar tubuh tetap sehat dan bebas penyakit.