Categories
Makanan Sehat

Manfaat Mangga Yang Wajib Anda Ketahui

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang banyak dibudidayakan di Indonesia.  Rasanya manis,  berair dan mengandung banyak vitamin C.  Pohon mangga merupakan tanaman keras, pohonnya baru bisa diberbuah  lebat setelah usia 5 tahun.  Ada banyak jenis mangga unggulan yang di tanam di Indonesia, seperti golek, gendong gincu, manalagi, arumanis dan masih banyak lagi.

Antara bulan Juni hingga Oktober  adalah musimnya buah mangga di Indonesia.  Di mana ketika panen harga mangga sangat murah. Namun tahukah Anda buah tropis ini ternyata banyak manfaat positifnya untuk kesehatan.

Manfaat Mangga Untuk Kesehatan :

Kandungan nutrisi pada 100 gram mangga matang terdiri dari vitamin C,  Vitamin A, vitamin B6, serat, tembaga, kalium serta magnesium. Selain itu kandungan air pun cukup banyak, sehingga bermanfaat menjaga asupan cairan tubuh.

  • Sumber antioksidan alami

Selain kaya akan vitamin C, mangga juga punya zat antikosidan cukup banyak. Efektif menangkal radikal bebas dan racun yang masuk dalam tubuh.   sementara fungsi vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid berperan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah sakit saat terjadi perubahan cuaca.

  • Meningkatkan sel darah merah

Kandungan mineral, kalsium dan zat besi pada buah mangga bermanfaat meningkatkan jumlah sel darah merah.  Buah ini sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan penderita anemia.

  • Manjaga fungsi syaraf

Pada buah mangga matang terdapat senyawa asam Glutamin berfungsi meningkatkan daya ingat otak dan peredaran darah di syaraf.

  • Mencegah resiko penyakit jantung

Mangga juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, hal ini karena peran dari vitamin A, vitamin E, dan Selenium.

  • Antikanker

Buah ini punya peran penting sebagai agen anti kanker, sebab mangga mengandung senyawa methilgallat, quercetin, isoquercitrin, astragalin, dan fisetin. Senyawa ini efektif membunuh sel –sel pencetus kanker payudara, dan kanker usus.

  • Menurunkan kolesterol

Mangga juga banyak mengandung serat, vitamin C  dan senyawa peticin yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat.