Categories
Minuman Sehat

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Kacang hijau termasuk sumber makanan yang bergizi tinggi dan berguna untuk menjaga kesehatan. Bahan makanan alami sering dipakai untuk  membuat berbagai makanan dan minuman. Seperti bubur kacang hijau, sebagai bahan utama untuk membuat kue tradisional seperti bakpia, bakpao.  Kacang ini juga bisa dijadikan  kecambah untuk bahan masakan.

Sensasi rasanya yang manis dan gurih membuat kacang yang bernama latin phaseolus aereus  ini disukai oleh barbagai kalangan.  Selain itu dari segi budidaya, kacang  hijau tergolong mudah dan cepat menghasilkan. Tanaman dari kelompok polong –polongan mudah tumbuh  di Indonesia yang berhawa tropis.

Kandungan nutrisi kacang hijau ini sangat lengkap antara lain protein, kalsium, fosfor, serat, Vitamin B Komplek, karbohidrat kompleks dan tentu rendah lemak. Maka dari itu makanan ini dianjurkan dikonsumsi bagi anak –anak,balita dan ibu hamil.

Manfaat kacang hijau Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat kacang hijau apa bila dikonsumsi rutin terutama saat masa kehamilan dan  anak balita.

  • Menguatkan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau sangat tinggi bermanfaat meningkatkan pertumbuhan tulang, rambut dan gigi.

  • Sumber protein tinggi

Makanan ini mengandung sumber protein nabati cukup tinggi.  Nutrisi ini bermanfaat melancarkan regenerasi sel –sel.  Bagi balita yang berat badannya rendah disarankan juga mengonsumsi bubur kacang hijau, agar berat badan bertambah.

  • Melancarkan kencing

Makanan ini bersifat diuretic atau melancarkan kencing dan menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih.

  • Menambah produksi darah merah

Kacang hijau atau dalam bahasa Inggris bernama mung bean ini mengandung kadar kalsium, zat besi yang bermanfaat menambah produksi darah merah.

  • Menyuburkan sperma

Kecambah kacang hijau diyakini bisa menyuburkan sperma sehingga bagi pasangan suami istri yang belum memiliki anak, disarankan mengonsumsi kecambah segar.

  • Menjaga kesehatan jantung

Senyawa asam saponin yang terdapat pada kecembah bermanfaat menjaga kesehatan jantung, dan menghindari penyumbatan arteri.

Demikianlah sedikit ulasan singkat tentang manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.