tuna

Manfaat Ikan Tuna Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Tingkat konsumsi ikan laut  terutama ikan tuna di kalangan masyarakat Indonesia masih rendah, padahal negeri ini dijuluki sebagai negeri maritime. Tapi ironisnya penduduknya sendiri enggan menyantap hasil tangkapan nelayan sendiri.  Justru ikan dari laut dalam ini lebih banyak diekspor ke luarnegeri. Padahal ikan laut  kaya akan protein dan omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kesehatan jantung.  Kita patut mencontoh kebiasaan masyarakat Jepang yang gemar memakan ikan laut.  Bahkan ikan tuna segar santap mentah –mentah, istilah lain adalah sashimi dan sushi.

Bagi mereka yang ingin menjaga berat badan ideal bisa mengunsumsi ikan tuna, sebagai pengganti daging merah.  Daging ikan merupakan daging putih yang tidak menyebabkan obesitas. Justru sebagai makanan mengontrol berat badan.

 Kandungan nutrisi ikan tuna antara lain : kalori, protein, asam amino, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral. Semua nutrisi sangat dibutuhkan untuk tubuh dan dapat meningkatkan stamina.  Ahli gizi mengakui akan khasiat daging tuna jika dikonsumsi dengan takaran benar.

  • Mencegah obesitas

Manfaat asam lemak omega 3 pada daging tuna sangat banyak, berperan menekan obesitas, serta merangsang produksi insulin tubuh.  Kandungan kalori tuna tidak begitu besar dan mengandung lemak baik untuk tubuh, tidak menyebabkan kegemukan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Ikan tuna juga dapat menurunkan tingkat resiko terkena serangan jantung koroner.  Daging tuna bisa dijadikan sebagai makanan pengganti daging merah.

  • Sumber vitamin B

Ikan tuna merupakan sumber vitamin B yang diperlukan manusia untuk menguatkan kekebalan tubuh, melancarkan metabolsime agar tidak mudah sakit.  Selain itu vitamin ini juga dapat menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang dan bersih.

  • Mengontrol kadar kolesterol

 Mengonsumsi ikan tuna dapat menekan kadar kolesterol jahat / LDL.  Lemak nabati mengandung senyawa trigliserida yang dapat menekan kolesterol jenis  LDL dalam darah.

Sekian dulu ulasan singkat tentang manfaat daging ikan tuna untuk meningkatkan kesehatan. Semoga bermanfaat.