Categories
Makanan Sehat

Manfaat asparagus untuk Diet dan Kesehatan

Manfaat asparagus selama ini belum diketahui publik. Selama ini jenis sayuran segar ini kerap disebut sebagai bahan makanan premium, karena harganya di pasar Indonesia lumayan mahal.  Asparagus dipakai untuk bahan membuat sup dan kuliner eropa. Tumbuhan ini hanya bisa dibudidayakan di daerah dataran tinggi yang berhawa dingin. Sementara di Indonesia, asparagus ditanam di wilayah Bandung, Tawangmangu, Batu dan sebagainya.

Jenis sayuran yang diambil dari tunasnya ini memang terkenal mengandung serat tinggi, dan baik untuk mencegah kolesterol. Namun di sisi lain, makanan alami ini  juga menjadi pantangan bagi penderita asam urat, mengapa? Karena kandunga purin cukup tinggi sehingga disarankan tidak untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Manfaat asparagus

Terlepas dari pantangan tersebut,  ternyata ada  beberapa  manfaat asparagus  untuk menjaga kesehatan dan organ dalam manusia.  Berikut ini manfaat positif tanaman bernama latin liliaceae.

  • Menurunkan berat badan

Ternyata  tanaman dari jenis umbi –umbian ini bisa dijadikan sebagai makan diet.  Asparagus mengandung lemak tak jenuh, tidak menyebabkan kegemukan, malah justru berkasiat mengontrol berat badan.  Kandungan fiber lumayan banyak dan melancarkan proses pencernaan makanan.

  • Menjaga kesehatan jantung

 Bermanfaat menjaga kesehatan jantung, sebab sayuran ini mengandung asam folat tinggi.  Bagi penderita jantung koroner disarankan untuk mengonsumsi jus asparagus secara teratur.

  • Antikanker

Manfaat asparagus lainnya adalah sebagai makanan alami untuk mencegah bibit kanker tumbuh di dalam perut.  Efektif menangkal racun dioksin atau pencetus penyakit kanker. Selain itu juga berkasiat mencegah penurunan indera penglihatan agar tidak mudah terkena katarak.

  • Anti inflamasi

Kandungan fitokimia berfungsi sebagai zat anti inflamasi dan membantu melancarkan metabolisme tubuh.  Selain itu juga bermanfaat mengontrol gula darah agar tidak cepat naik.

  • Detoksifikasi

   Manfaat tarakhir adalah sebagai agen alami peluruh racun, zat berbahaya seperti bahan pengawet, pewarna yang terkandung pada makanan olahan.  Selain itu asparagus juga memiliki fungsi deuretik atau pelancar buang air kecil dan bisa membantu fungsi ginjal.